Ferrari

Mengenang Masa Indah Raikkonen di Ferrari

Alfa Mandalika    •    12 September 2018 10:56 WIB
F1 2018
Mengenang Masa Indah Raikkonen di Ferrari
Kimi Raikkonen. (Foto: AFP/Andrej Isakovic)

Maranello: Kebersamaan Kimi Matias Raikkonen dengan Ferrari berakhir. Pembalap Finlandia itu sudah memutuskan bergabung dengan tim Sauber musim depan.

Kiprah Raikkonen di pentas jet darat bisa dibilang panjang dan berliku. Bergabung dengan Sauber pada 2001, Raikkonen sempat banting stir menjajal dunia reli dan nascar.

Akan tetapi, kecintaaannya dengan dunia F1 membuat The Iceman kembali lagi pada 2012. Dia bergabung dengan tim Lotus selama dua musim dan akhirnya kembali pulang ke Ferrari.

Ferrari menjadi salah satu tim paling berkesan untuk Raikkonen. Bagaimana tidak. Pembalap 38 tahun itu mencicipi gelar juara dunia bersama tim Kuda Jingkrak pada 2007.

Kemenangan Raikkonen terjadi dengan dramatis. Sebab, dua pesaing lain Lewis Hamilton dan Fernando Alonso tidak membiarkan Raikkonen melaju mulus. Sejak race pertama di GP Australia, ketiga pembalap saling menunjukkan performa terbaik. Namun, Raikkonen mampu keluar sebagai juara di Australia.

Berlanjut pada seri kedua, giliran Alonso yang merebut podium pertama. Sedangkan Raikkonen berada di posisi ketiga dan Hamilton di posisi kedua.

Baca: Raikkonen Hengkang, Ferrari Rekrut Charles Lelerc


Pada dua seri balapan terakhir, di sinilah mental Raikkonen diuji. Saat mengaspal di GP Tiongkok dan Brasil, Raikkonen berhasil meraih podium pertama. Sedangkan Hamilton gagal menyelesaikan lomba di Tiongkok dan finis di posisi ketujuh di GP Brasil. Sementara Alonso, hanya finis di posisi kedua saat di Tiongkok dan ketiga di GP Brasil.

Hasil tersebut akhirnya mengantarkan Raikkonen menjadi juara F1 2007. Dia mendulang 110 poin atau unggul satu poin dari Hamilton dan Alonso yang meraih 109 poin.

Kini, Raikkonen tidak lagi membela Ferrari mulai musim depan. Segenap tim Ferrari pun berterima kasih atas semua hal yang diberikan oleh Raikkonen selama beberapa tahun terakhir.

"Selama beberapa tahun belakangan, kontribusi Raikkonen kepada tim, baik sebagai pembalap atau pun di luar pekerjaannya, merupakan suatu dasar buat kami," ujar Tim Prinsipal Ferrari Maurizio Arrivabene.

"Ia (Raikkonen) menjadi peran penting dalam pertumbuhan tim dan pada saat bersamaan, selalu menjadi pembalap hebat untuk tim. Sebagai juara dunia untuk Ferrari, ia akan selalu menjadi bagian dari sejarah dan keluarga tim. Kami berterima kasih kepada Raikkonen untuk semua ini. Kami mengharapkan yang terbaik untuknya dan keluarganya pada masa depan," sambungnya.

Video: Tekan Rem Lawan, Romano Fenati Dipecat Marinelli Snipers


(ASM)