Jelang F1GP Kanada

Kejutan, Vettel Rebut Pole Position GP Kanada

Kautsar Halim    •    10 Juni 2018 05:54 WIB
F1 2018
Kejutan, Vettel Rebut Pole Position GP Kanada
Sebastian Vettel. (Charles Coates/Getty Images/AFP)

Montreal: Sebastian Vettel tampil mengejutkan pada sesi kualifikasi F1GP Kanada 2018 yang berlangsung di Sirkuit Gilles-Villeneuve, Minggu 10 Juni dini hari WIB. Ia  menjadi yang tercepat meski kurang menonjol saat latihan bebas. 

Vettel menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi dengan catatan waktu terbaik 1 menit 10.764 detik. Torehan tersebut merupakan pole position pertama Vettel di GP Kanada sejak 2001 silam.

"Saya memang sedikit mengalami masalah ketika melakoni sesi latihan bebas kemarin. Saya kurang senang dengan performa mobil dan belum mendapat ritme yang tepat untuk bersaing," kata Vettel seusai sesi kualifikasi.

Klik: Jadwal Lengkap F1GP Kanada 2018

"Kemarin memang mengalami kesulitan, tapi kami bisa membalikkan keadaan pada hari ini. Performa mobil kali ini sungguh luar biasa dan benar-benar membuat saya makin cepat di lintasan," tambahnya.

"Saya masih membuat kesalahan kecil pada lap terakhir tadi. Tapi, itu bukan hal besar dan pencapaian hari ini benar-benar fantastis," lanjut pembalap asal Jerman tersebut.

Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, berhasil merebut posisi kedua dengan selisih waktu 0.093 detik dengan Vettel. Sementara itu, Hamilton harus bergeser ke posisi empat karena belum mampu menandingi Max Verstappen.

Klik: Diminta Mengubah Gaya Balapan, Verstappen Cuek

Verstappen yang mendominasi seluruh sesi latihan sukses merebut posisi ketiga. Tren positif itu baru diraih Verstappen ketika tampil lebih cepat ketimbang Hamilton ketika memainkan Kualifikasi Ketiga (Q3).

Rekan setim Vettel di Ferrari, Kimi Raikkonen, berhasil lebih cepat ketimbang Hamilton ketika menggeber Q1 dan Q2. Namun, ia harus terima berada start dari urutan kelima karena kurang konsisten ketika memainkan Q3.

Romain Grosjean dari tim Haas menjadi pemabalap yang paling sial. Ia gagal mencatatkan waktu terbaik dan harus start dari posisi buncit karena mesin mobilnya meledak ketika sesi kualifikasi baru dimulai beberapa menit.

Berikut hasil lengkap Kualifikasi F1GP Kanada 2018:







(KAU)