GP F1 Australia 2018

Vettel Kalahkan Hamilton Berkat Mobil Mogok

Rendy Renuki H    •    25 Maret 2018 15:29 WIB
F1 2018
Vettel Kalahkan Hamilton Berkat Mobil Mogok
Sebastian Vettel mengangkat trofi juara GP F1 Australia (AFP PHOTO / WILLIAM WEST)

Melbourne: Sebastian Vettel merebut podium pertama pada seri perdana Grand Prix Formula 1 di Australia, Minggu 25 Maret. Vettel mampu mengalahkan pesaing utamanya, Lewis Hamilton, yang sedikit diuntungkan berkat insiden mobil Romain Grosjean yang mogok di Sirkuit Albert Park.

Vettel awalnya berada di posisi ketiga, dibelakang rekan setimnya di Ferrari Kimi Raikkonen di tempat kedua dan Hamilton di depan. Pembalap Mercedes itu pun terus mempertahankan posisi terdepan hingga lap ke-18.

Namun, sebuah insiden yang menimpa mobil pembalap Haas Romain Grosjean membuatnya tak mampu melanjutkan balap. Insiden itu pun membuat safety car keluar ke lintasan dan menghalangi Hamilton.

Klik: Kecelakaan dan Dapat Penalti 5 Grid, Bottas: Saya Terlalu Memaksa


Namun tidak bagi Vettel yang mengambil strategi jitu masuk ke pit di akhir lap ke-19. Alhasil, pembalap Jerman itu merangsek ke posisi terdepan dan terus memimpin hingga akhir balapan.

Vettel mencatatkan waktu tercepat dengan 1 jam 29 menit 33.283 detik melibas total 58 lap. Sedangkan Hamilton finis di tempat kedua terpaut selisih waktu 5.036 detik di belakang Vettel.

Podium juara ketiga tetap diisi oleh Raikkonen yang terpaut waktu dari Vettel 6.309 detik. Disusul Daniel Ricciardo dari tim Red Bull Racing yang gagal meraih podium di rumahnya setelah finis di posisi keempat dengan selisih waktu 7.069 detik.

Berikut hasil lengkap GP F1 Australia:


 


(REN)