Pembalap Formula 1

Horner Anggap Vettel Kini Berperilaku Aneh

Ahmad Garuda    •    01 November 2016 12:35 WIB
pembalap f1
Horner Anggap Vettel Kini Berperilaku Aneh
Sebastian Vettel mulai dianggap aneh oleh mantan bosnya di Red Bull Racing. XPB Images

Metrotvnews.com, Meksiko: Drama yang lahir dari sikap Sebastian Vettel di Formula One (F1) Meksiko (30/10/2016), terus bergulir. Setelah banyak yang menyayangkan sikapnya manuver defensif di lap terakhir, kini mantan bosnya di Red Bull Racing (Christian Horner) pun menganggapnya orang yang aneh.

Menurut Horner, perilaku Vettel yang memaki direktur balap F1, sangat tidak sesuai dengan etik dalam dunia balap. Jika di ajang olah raga lainnya ada pemain atau peserta memaki juri atau wasit, itu langsung dikenakan sanksi atau denda.

"Memang pada saat kondisi balapan berjalan, semua orang berada dalam kondisi tegang. Baik itu tim terlebih para pembalap yang emosionalnya bisa melompat cukup tinggi. Di cabang olah raga lainnya, hal yang tidak bisa dilakukan pemain adalah memaki juri atau wasit. Jadi saya akan sangat kaget jika direksi balap F1 tak menjatuhkan hukuman kepada Vettel," klaim Horner.

Selain menekankan harus ada sanksi bagi pembalap yang memaki direktur balap, Ia juga membandingkan perilaku Vettel saat masih berada di tim Red Bull. Lantaran Ia tak pernah bersikat begitu aneh seperti memaki dan lainnya.

"Itu bukanlah sifat Vettel saat Ia masih bersama kami. Kali ini Ia terlihat lebih frustrasi dan masalahnya itu Ia ungkapkan dan dengar semua orang."

FIA sendiri belum mengomentari atau belum memutuskan bakal memberi sanksi kepada pembalap yang menghina direktur balap ataukah tidak. Tapi jelas ini adalah hal krusial yang perlu dibuatkan regulasinya. Agar pembalap bisa lebih menjaga sikap sebagai publik figur dan sportifitas di balap ini.


(UDA)