F1 2018

Usaha Ricciardo demi Menghindari Penalti di F1GP Kanada

M. Rizky Adhestian    •    08 Juni 2018 11:46 WIB
F1 2018
Usaha Ricciardo demi Menghindari Penalti di F1GP Kanada
Pembalap Red Bull Daniel Ricciardo (Foto: AFP)

Montreal: Pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo, berharap dirinya tidak harus dikenai penalti pada Formula 1 Grand Prix Kanada Minggu 10 Juni mendatang. Ia memang terancam penalti terkait kegagalan fungsi MGU-K pada mobilnya di F1GP Monaco 27 Mei lalu.

Ricciardo memang sukses mendapatkan kemenangan keduanya musim ini di F1GP Monaco. Namun, hal itu ia dapatkan setelah memaksakan mobilnya melaju dengan kerusakan pada unit MGU-K.

Peraturan dari F1 menyebutkan, setiap tim hanya boleh menggunakan sebanyak dua unit MGU-K dalam satu musim untuk satu mobilnya. Sementara itu, Ricciardo sudah menggunakan unit keduanya saat menjuarai F1GP Tiongkok 15 April lalu.

Klik di sini: Musim Depan, IBL Hadir di Luar Pulau Jawa

Ricciardo bisa dikenai penalti turun sepuluh grid pada start jika menggunakan unit MGU-K ketiga dalam satu musim. Demi menghindari penalti, di GP Kanada akhir pekan ini, pembalap asal Australia itu berencana menggunakan unit MGU-K yang ia gunakan pada awal musim.

"Saat ini tidak. Saya sudah diberi tahu tidak ada penalti. Jika sesuatu terjadi besok saat latihan dan kami terpaksa mengganti sesuatu, maka saya akan kena penalti," kata Ricciardo.

Klik di sini: Geliat Transfer MotoGP di Mata Rossi

"Tetapi, untuk saat ini kami sudah punya suku cadang yang cukup untuk melaju dan jika itu bekerja dengan baik, maka kami akan menggunakannya sepanjang akhir pekan (sampai balapan)," sambungnya.

Ricciardo berharap paling tidak ia bisa dikenai penalti pada GP Prancis di sirkuit Paul Ricard, ketimbang harus menjalani penalti itu pada F1GP Kanada. Hal itu menurutnya demi menjaga momentum baik yang ia genggam saat ini.

"Ya, saya kira, itu cepat atau lambat bisa terjadi di (sirkuit) Paul Ricard. Ketika saya dengar kabar soal kemungkinan penalti di sini (Gilles-Villeneuve), saya berpikir bahwa saya akan menerimanya di Paul Ricard, tapi tidak di sini," ujar Ricciardo.

Setelah kemenangan di F1GP Monaco, Ricciardo meroket ke urutan ketiga klasemen sementara dengan raihan 72 poin. Ia masih terpaut 38 poin dari Lewis Hamilton yang masih memuncaki puncak klasemen. (Formula1)

Warriors Dekati Tangga Juara NBA



(FIR)