Tim Formula 1

Karakter Mobil Tak Konsisten, Grosjean Kritisi Kinerja Timnya

Ahmad Garuda    •    21 November 2016 10:41 WIB
formula 1
Karakter Mobil Tak Konsisten, Grosjean Kritisi Kinerja Timnya
Romain Grosjean ingin timnya mulai mendeskripsikan setiap detil masalah teknis untuk mencari solusi tepat. XPB Images

Metrotvnews.com: Tim pendatang baru atau rookie di balap Formula One (F1) yaitu HAAS, sempat memikat perhatian ketika mereka menjalani seri pertama di Australia. Sayang inkonsistensi tim ini meraih hasil terbaik, terbilang naik turun. Termasuk setup karakter mobil yang tak didapatkan pembalapnya.

Menurut Romain Grosjean yang menjadi pembalap utamanya, bahwa Ia kadang tak mendapat penjelasan secara detail dari timnya tentang masalah yang ada di mobil. Terutama soal karakter handling dan pengereman yang selalu jadi masalah besar bagi kedua pembalapnya.

"Tidak konsisten karakter mobil adalah hal yang penting untuk dimengerti. Hal ini saya sudah pernah singgung di sesi tes pra musim, bahwa ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Mulai dari stabilitas hingga traksi roda. Dengan modal dua item itu, pembalap bisa menjaga konsistensi lap tercepat baik saat latihan, kualifikasi atau pun balapan. Masalahnya tim saat ini terkadang tak bisa menjelaskan masalah yang ada di mobil," kisah Grosjean.

Selama musim balap berlangsung 2016, Grosjean mengaku timnya mengalami banyak masalah. Saat mengganti rangka, performa mobil lebih baik. Tapi kemudian jadi buruk lagi belakangan ini. "Dari mana semua masalah itu? bahkan kami tidak pernah tahu pangkal masalahnya di mana."

"Misalnya saat balapan di F1 Brasil. Ada beberapa masalah yang terdeteksi seperti bagian belakang ngunci atau terlalu banyak aero balance saat sesi latihan Jumat. Tapi di FP3 kami mengalami masalah besar saat melintasi tikungan keempat dan tim tak bisa menjelaskan masalah itu apa."

Ia menegaskan bahwa timnya saat ini harus menganalisis masalah apa yang mereka alami. Kemudian apa langkah awal yang mereka lakukan, komponen apa yang bakal mereka pakai dan selanjutnya,


(UDA)