Feature F1

Fisik Pembalap Harus Kuat untuk Kuasai Mobil F1 2017

Ahmad Garuda    •    08 November 2016 17:08 WIB
feature f1
Fisik Pembalap Harus Kuat untuk Kuasai Mobil F1 2017
Nico Rosberg melakukan pengetesan ban Pirelli untuk F1 2017 menggunakan mobil yang dua tahun lebih tua. Pirelli

Metrotvnews.com, Brasil: Menjelang pekan balap di Brasil, mencuat wacana tentang mobil Formula One (F1) 2017 yang dianggap sebagian besar pembalap bakal lebih gampang dikendarai. Pasalnya, mobil ini memiliki downforce (daya tekan ke bawah) lebih besar dan grip ban lebih baik.

Tapi di sisi lain, tidak akan mudah kalau dari sisi fisik pembalap. Dalam melakukan manuver-manuver di tikungan-tikungan panjang, mobil ini bakal membuat gaya gravitasi yang besar bagi pembalapnya. Sehingga fisik pembalap harus benar-benar kuat.

Hal yang membuat grip bakal lebih baik adalah karena mobil ini memiliki dimensi bodi hingga sayap lebih besar. Kemudian ban juga lebih lebar, artinya semakin luas penampang ban yang lengket di permukaan aspal. Sementara sayap yang besar akan menangkap aliran udara yang lebih banyak. Sehingga daya tekan meningkat.

"Saya tak akan bilang bahwa mobil ini akan gampang dikendarai. Tapi jika dibandingkan dengan mobil yang tahun ini kami gunakan, mobil tahun depan lebih nyaman digunakan di tikungan-tikungan panjang. Tapi pembalap butuh fisik yang benar-benar kuat untuk menjalani balapan yang panjang," klaim pembalap tim Red Bull Racing, Max Verstappen.

Bagian lain yang Ia prediksi bakal sangat menarik adalah melihat performa ban. Pirelli pasti membutuhkan struktur kompon yang baru untuk musim depan. Pasalnya dengan power mobil yang besar dan permukaan ban yang lebih lebar, ada kekhawatiran ban cepat panas. Tak heran jika Pirelli cukup konsentrasi untuk melakukan tes khusus di Bahrain awal 2017.
(UDA)