Jelang F1 2018

Verstappen Anggap "Halo" Perburuk Penampilan Mobil

M. Rizky Adhestian    •    16 Februari 2018 20:52 WIB
F1 2018
Verstappen Anggap Halo Perburuk Penampilan Mobil
Max Verstappen. (Foto: Redbull.com)

Milton Keynes: Pihak penyelenggara kejuaraan Formula 1 telah mewajibkan pemasangan perangkat pelindung kokpit atau "Halo" untuk musim 2018. Pembalap Red Bull, Max Verstappen, menganggap alat "jelek" tersebut memperburuk penampilan mobilnya.

Keputusan F1 yang mewajibkan pemasangan perangkat "Halo" untuk pelindung kokpit sempat menuai kontroversi. Respons yang didapat dari para penggemar, pembalap, dan anggota tim juga kurang lebih sama terkait alat tersebut.

Red Bull akan meluncurkan mobil barunya RB14 pada senin mendatang. Tim asal Inggris itu telah membocorkan penampakan mobilnya dalam video di akun twitter resminya, @redbullracing.

Salah satu bintang Red Bull, Max Verstappen, mengaku antusias menyambut mobil barunya dan penasaran seberapa kompetitif mobilnya tersebut, setalah hasil yang mengecewakan musim lalu. Namun, antusiasme itu bukan untuk perangkat "Halo" yang menurutnya jelek.

"Perangkat 'Halo' yang pastinya sangat jelek, saya tidak menanti itu. Pokoknya saya berharap mobilnya terlihat keren dan semoga lajunya kencang," kata Verstappen seperti dinukil Crash, Jumat 16 Februari 2018.

Baca: Crutchlow Tercepat pada Sesi Perdana Tes Pramusim MotoGP Thailand


Pemasangan alat "Halo" nantinya akan menambah beban ekstra pada mobil-mobil musim 2018, yang ditetapkan aturan batas minimum beratnya adalah 734kg. Pembalap asal Belanda itu khawatir alat tersebut akan merugikan pengemusi yang lebih tinggi dan lebih berat.

Namun, Verstappen menegaskan ia tidak akan langsung mengubah metode latihannya demi upaya menurunkan kelebihan berat badan. Menurutnya, hal seperti itu akan mengganggunya saat balapan.

"Karena alat 'Halo' agak berat, bisa jadi lebih dari enam kilogram, itu sangat tidak membantu untuk saya. Menjadi pembalap yang lebih tinggi dan lebih berat dari kebanyakan pembalap, memang tidak baik. Tetapi saya tidak akan mengubah latihan saya hanya untuk hal tersebut, karena nanti saya bisa tidak nyaman saat balapan," pungkasnya. (Crash)

Tak ingin ketinggalan berita bola dan olahraga? Follow akun instagram kami @medcom_olahraga

Video: Evaluasi Venue Test Event Panahan


(ASM)