'Halo' pada Mobil F1 Bisa Tahan Beban 8 Ton

Gregah Nurikhsani Estuning    •    08 Februari 2018 17:53 WIB
f1formula 1
Halo pada Mobil F1 Bisa Tahan Beban 8 Ton
Halo diklaim bisa menahan beban seberat London Bus.

London: James Allison, Direktur Teknik Mercedes mengatakan alat baru pada mobil F1 bernama Halo bisa menahan beban seberat London Bus (sekitar 8 ton). Keberadaannya diklaim sanggup meminimalisir cedera yang dialami pembalap saat kecelakaan.

Dilihat dari bentuk dan letaknya, penemuan itu didesain untuk melindungi kepala karena berada di area kokpit. Mirip seperti rangka jendela, Halo tidak memiliki kaca atau sejenisnya sehingga aerodinamika tetap maksimal.

Banyak penikmat F1 mengkritik Halo, baik secara penampilan maupun fungsi, yang dinilai tidak terlalu berpengaruh dan merusak 'kode etik', bahwasanya kokpit haruslah terbuka. Tapi, mayoritas pembalap dan Asosiasi Pembalap Grand Prix memberikan dukungan.

Allison sadar bahwa kritik dan komentar negatif bakal sangat membangun. Untuk itu, ia bakal membuat Halo menjadi lebih enak dilihat.
 

Klik: Presiden FIA Angkat Topi dengan Gagasan F1 soal Penggunaan Grid Kids


"Kami masih meraba-raba, dan saya yakin orang lain juga, maka dari itu saya yakin banyak hal yang akan terjadi dalam beberapa musim ke depan, agar mobilnya terlihat lebih bagus," kata Allison dalam sebuah video testimoni dari Mercedes.

Ia kemudian mencoba menekankan bahwasanya faktor keamanan menjadi yang terpenting pada Halo. Menurutnya, bahan dasar pembuatan Halo menggunakan material yang terbaik sehingga bisa menahan apapun, termasuk bus tingkat London atau yang terkenal dengan nama London Bus/Double Decker.

"Ini bukan karya biasa, ini adalah beberapa kilogram titanium yang harus dipasang (untuk melindungi pembalap), ini bukan karya biasa karena bisa menahan beban berat seperti London Double Decker," sambung Allison.

"Kami merasa wajib menemukan sesuatu yang cukup kuat menahan tekanan, apakah memang itu didesain untuk melindungi pembalap," sambungnya.

Video: Aturan Baru Formula 1 2018
 


(ACF)