Jelang F1 2018

Salju Ganggu Tes Pramusim F1 Hari Ketiga di Catalunya

Krisna Octavianus    •    01 Maret 2018 10:20 WIB
F1 2018
Salju Ganggu Tes Pramusim F1 Hari Ketiga di Catalunya
Kondisi bangku penonton Sirkuit Catalunya tertutup salju (Foto: AFP/JOSEP LAGO)

Barcelona: Hari ketiga tes pramusim Formula 1 2018 tidak berjalan dengan semestinya. Hal ini karena turun salju yang menggangu pembalap sehingga tidak ada yang memiliki waktu kompetitif.

Tim-tim dibiarkan frustrasi oleh kondisi dingin pada Senin sore dan Selasa pagi waktu setempat yang menyusahkan mereka. Kondisi lebih buruk lagi terjadi saat salju turun pada tes kemarin dan mulai menumpuk di lintasan.

Salju yang banyak di Sirkuit de Catalunya berlanjut hingga Rabu pagi waktu setempat yang menunda tes pramusim karena kondisi tidak aman. Setelah tiga jam tidak aman, sirkuit kemudian dinyatakan bisa dilintasi dengan salju mulai hilang.

Namun, karena kondisi basah dan sangat dingin, tidak ada satupun tim F1 yang memilih mengetes mobil untuk waktu yang lama. Sirkuit dengan banyaknya genangan air dan suhu trek mendekati titik beku sepanjang hari membuat beberapa tim tidak mau ambil risiko.

Lima tim berusaha keluar untuk menguji kondisi mobil dengan Fernando Alonso menjadi pembalap pertama yang mencoba lintasan. Itu dilakukan empat jam dari jadwal yang sudah ditentukan.


(Daniel Ricciardo saat mencoba lintasan Sirkuit Catalunya. Foto: AFP)

Daniel Ricciardo berada di jalur yang tepat untuk Red Bull. Akan tetapi, setelah setengah jalan dia tergelincir. Dia kemudian kembali ke pit dengan sedikit kerusakan yang menandai berakhirnya uji coba untuk hari itu.

Pembalap Toro Rosso, Brendon Hartley juga hanya mampu melahap dua lap. Pembalap Alfa Romeo Sauber, Marcus Ericsson dan Robert Kubica yang membela Williams bahkan hanya melahap satu lap.

Alonso memberikan sebuah pertunjukan singkat untuk fans tuan rumahnya di jam terakhir di mana lintasan dalam kondisi terbaik hari itu. Waktu tercepatnya adalah 2 menit 18,545 detik. (Crash)

Video: Sejumlah Sarana Pendukung Belum Ada di Venue Cabor Boling
 


(KRS)