Free Practice I GP AS

Hamilton Ungguli Vettel di Latihan Bebas Pertama

Achmad Firdaus    •    21 Oktober 2017 00:20 WIB
f1 2017
Hamilton Ungguli Vettel di Latihan Bebas Pertama
Aksi Lewis Hamilton saat tampil di FP1 GP Amerika Serikat di Circuit of the Americas (Foto: Clive Mason/Getty Images/AFP)

Metrotvnews.com, Austin: Pembalap Mercedes Lewis Hamilton berhasil mengungguli pesaing utamanya, Sebastian Vettel pada sesi latihan bebas pertama atau Free Practice I GP Amerika Serikat, di Circuit of the Americas (COTA), Jumat 20 Oktober 2017.

Hamilton tampil sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 36.335 detik. Catatan waktu milik Hamilton tidak mampu disaingi driver Ferrari, Sebastian Vettel yang harus puas berada di posisi dua dengan catatan 1 menit 36.928 detik.

Bukan perkara mudah bagi Hamilton untuk mencatatkan namanya sebagai pembalap tercepat. Sebab, selama sesi berlangsung, beberapa pembalap silih berganti mencatatkan waktu tercepat, mulai Valtterri Bottas (Mercedes), Max Verstappen (Red Bull), hingga Vettel sempat mencatatkan waktu tercepat.

Namun demikian, Hamilton pada akhirnya keluar sebagai yang tercepat setelah berhasil mematahkan catatan waktu milik Vettel di 15 menit sesi tersisa.
 

Baca: Rosberg Bocorkan Kelemahan Hamilton


Rekan setim Hamilton di Mercedes, Valtteri Bottas tampil cukup bagus dan berhasil mengamankan posisi tiga dengan selisih 0,644 detik dari Hamilton. Sementara itu, rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen harus puas berada di posisi tujuh, atau berada di belakang Felipe Massa (Williams) dan pembalap McLaren-Honda, Stoffel Vandoorne yang menghuni posisi lima. 

Secara umum, sesi latihan bebas di COTA berlangsung dalam kondisi yang kurang ideal. Cuaca mendung membuat lintasan lembab hingga cukup menyulitkan para pembalap memacu mobilnya secara maksimal. Kondisi lintasan yang cukup licin membuat sejumlah pembalap harus tergelincir.

Pembalap Indonesia, Sean Gelael yang dipercaya Toro Rosso untuk tampil di FP1, juga sempat tergelincir, seperti pembalap Red Bull Daniel Ricciardo.
 

Baca juga: Sean Siap Beraksi di FP1 GP AS


Meski sempat melintir, Sean masih bisa mencatatkan waktu yang lebih baik dari dua pembalap Sauber, Marcus Ericsson dan Charles Leclerc yang notabene juara dunia di ajang Formula 2 musim ini.

Sean berada di posisi 17 dengan catatan waktu 1 menit 40.448 detik. Dia berada di atas, Ericsson, Leclerc dan Fernando Alonso yang tidak ambil bagian pada sesi pertama ini.

Berikut hasil lengkap FP1 GP AS:


Video: F1 GP Amerika akan Bertabur Warna Pink
 


(ACF)