F1 2017

Curhatan Vettel soal Kegagalannya Jadi Juara Dunia F1 2017

Achmad Firdaus    •    01 November 2017 21:29 WIB
f1 2017
Curhatan Vettel soal Kegagalannya Jadi Juara Dunia F1 2017
Sebastian Vettel (Foto: Clive Rose/Getty Images/AFP)

Metrotvnews.com, Bologna: Sebastian Vettel terpaksa melempar handuk dalam perburuan titel juara F1 2017, meski balapan masih tersisa dua seri lagi. Ia tidak mampu lagi mengejar poin Lewis Hamilton yang sudah sah jadi juara dunia musim ini.

Tambahan 12 poin yang diraih Vettel usai finis keempat pada GP Meksiko akhir pekan lalu tak mampu menahan laju Hamilton untuk meraih titel juara dunia keempatnya. Hamilton yang cuma menambah dua poin usai finis di posisi sembilan pada balapan tersebut, akhirnya keluar sebagai juara dunia karena unggul 56 poin dari Vettel di dua balapan tersisa.

Pupusnya peluang merebut gelar juara dunia tentu menghadirkan penyesalan yang mendalam buat Vettel. Musababnya, ia mampu tampil cukup kompetitif, terutama di awal hingga pertengahan musim. Ia bahkan sempat unggul hingga 25 poin dari Hamilton.

Sayangnya, ketika memasuki periode krusial, Vettel dan Ferrari diterpa berbagai masalah. Seri GP Singapura dan Jepang dianggap Vettel sebagai biang kegagalannya menjaga persaingan juara musim ini.
 

Baca: Juara Dunia F1 2017, Lewis Hamilton Berpeluang Dapat Gelar "Sir"


Di GP Singapura, Vettel mengalami nasib nahas. Pembalap asal Jerman itu harus keluar dari persaingan di Marina Bay saat balapan baru dimulai. Vettel tidak bisa melanjutkan balapan karena terlibat insiden senggolan dengan pembalap Red Bull Max Verstappen dan rekan setimnya, Kimi Raikkonen, saat memasuki tikungan pertama.  



Peluang juara Vettel kian menyusut tatkala ia kembali gagal meraih poin pada GP Jepang. Kali ini, giliran kru teknik Ferrari yang melakukan kesalahan. Vettel tak mampu menyelesaikan balapan karena busi mobilnya bermasalah.

Di saat Vettel dan Ferrari menjalani periode sulit, Hamilton dan Mercedes justru mampu menjaga konsistensi. The Briton pun akhirnya berhasil mengikis selisih poin, bahkan balik memimpin hingga akhirnya dinyatakan keluar sebagai juara dunia.
 

Baca juga: Fakta Menarik di Balik Gelar Juara Dunia Hamilton


"Saya tidak ingin menunjuk satu seri balapan. Tapi, kami gagal meraih poin di dua balapan, sedangkan Hamilton memenangi dua balapan tersebut. Dua balapan itulah yang sangat berpengaruh (pada persaingan juara)," ujar Vettel.

Meski kecewa, Vettel enggan terus larut dalam kesedihan. Ia memilih fokus untuk meraih hasil terbaik di dua balapan tersisa sambil mempersiapkan diri untuk kembali berjuang mengejar titel juara dunia kelimanya di musim depan.

"Kami akan mencoba menyelesaikan musim di posisi yang pantas kami dapatkan. Kami sangat cepat di Meksiko. Saya sangat yakin kami akan mendapatkan hasil yang bagus, dan dua balapan tersisa (di GP Brasil & Abu Dhabi) akan jadi target kami," tandasnya.

Video: ?Max Verstappen Menang GP Meksiko, Lewis Hamilton Juara Dunia 2017



(ACF)