F1 2018

Bottas Menolak Disebut Pemeran Pembantu di Mercedes

M. Rizky Adhestian    •    27 Juli 2018 13:33 WIB
F1 2018
Bottas Menolak Disebut Pemeran Pembantu di Mercedes
Lewis Hamilton (Foto: AFP PHOTO / APA / ERWIN SCHERIAU)

Budapest: Pembalap Mercedes Valtteri Bottas menegaskan, dirinya bukan hanya sekadar pemanis ketika diduetkan oleh Lewis Hamilton. Ia yakin Mercedes memberi kebebasan antar keduanya untuk membuktikan siapa yang terbaik.

Bottas bersaing ketat dengan Hamilton menjelang lap-lap terakhir di Sirkuit Hockenheim GP Jerman akhir pekan lalu. Bahkan, keduanya sempat terlibat persaingan untuk memperebutkan urutan pertama saat Bottas menyejajarkan mobilnya dengan Hamilton di trek lurus.

Akan tetapi, sebuah komando dari kepala strategi Mercedes, James Vowles, masuk ke radio Bottas menjelang akhir lap. Pembalap asal Finlandia itu diminta menurunkan intensitas pertarungan dan mempertahankan posisinya di belakang Hamilton.

Keputusan itu kemudian diklarifikasi oleh Mercedes dan bukan karena dapat mengancam posisi Hamilton dalam perebutan gelar juara. Namun, menurut mereka, hal itu agar tidak terjadi resiko kecelakaan yang bisa merugikan keduanya dan kehilangan poin.

Meski begitu, strategi The Silver Arrows tersebut memunculkan pertanyaan apakah Bottas hanya 'anak bawang' dibanding Hamilton. Namun, driver berusia 28 tahun tersebut membantahnya.

"Saya percaya kami masih diizinkan balapan dengan bebas. Jelas, stiap kasus berbeda-beda, tapi saat ini tidak ada yang namanya saya hanya pemeran pembantu," kata Bottas.

"Kami masih setara dalam hal ini dan itulah adanya. Kami berharap ini terus berjalan sampai akhir tahun," sambungnya.

"Apa yang telah terjadi, dengan segala kesulitannya, kami telah kehilangan banyak poin karena beberapa kasus (dalam beberapa balapan terakhir). Jadi saya ikuti strategi tim".

"Jarak kami tipis saat itu dan kami mau mendapatkan poin. Saya yakin mereka juga akan lakukan hal yang sama jika saat itu saya yang memimpin," tegasnya.

Bottas akhirnya keluar sebagai runner-up pada GP Jerman, dengan Hamilton sebagai juaranya. Bottas saat ini berada di urutan empat klasemen dengan jarak 66 poin dari Hamilton di puncak. (Motorsport)




(ASM)