F1 2018

F1 2018: Pertama Kali, Ada Tiga Zona DRS di GP Australia

M. Rizky Adhestian    •    22 Maret 2018 16:35 WIB
F1 2018
F1 2018: Pertama Kali, Ada Tiga Zona DRS di GP Australia
Aksi Lewis Hamilton vs Kimi Raikkonen di zona DRS (Foto: F1)

Melbourne: Sirkuit Melbourne akan menambah satu zona Drag Reduction System (DRS) untuk Grand Prix pembuka F1 musim 2018 di Australia, akhir pekan ini. Itu akan jadi pertama kalinya F1 menggunakan tiga zona menyalip tersebut dalam satu seri balapan.

Fitur DRS pertama kali diperkenalkan pada Formula 1 musim 2011 dengan tujuan menambah aksi menyalip. Alat tersebut akan membuka bilah pada sayap belakang untuk mengurangi hambatan aerodinamika, sehingga memberikan kecepatan dan kesempatan lebih besar untuk menyalip mobil di depan.

Menurut peraturannya, DRS hanya boleh digunakan pada zona-zona yang telah ditentukan. Pada umumnya, terdapat dua zona DRS yang biasanya ada di sirkuit dengan banyak trek lurus atau di garis start/finis.
 

Baca: Profil Tim F1 2018: Mercedes-AMG Petronas Motorsport


Federasi Automobil Internasional (FIA) mengumumkan penambahan zona DRS ketiga untuk sirkuit yang terletak di taman Albert kota Melbourne tersebut pada Rabu lalu. Zona DRS ketiga terletak di antara tikungan ke-12 dan 13.

Sebelumnya, dua zona DRS yang biasanya digunakan ada di trek lurus di garis start atau finis, dan di tikungan kedua menuju tikungan ketiga.

Penambahan zona DRS ketiga ini jadi yang pertama kali sejak diperkenalkan pada 2011. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan intensitas menyalip pada ajang balap jet darat tersebut yang dinilai menurun dalam beberapa tahun terakhir ini. (Crash)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Indonesia U-23 Raih Kemenangan 3-0 atas Singapura



(ACF)