Juara Dunia F1 2017, Lewis Hamilton Berpeluang Dapat Gelar "Sir"

Kautsar Halim    •    01 November 2017 00:49 WIB
lewis hamiltonf1 2017
Juara Dunia F1 2017, Lewis Hamilton Berpeluang Dapat Gelar Sir
Selebrasi Lewis Hamilton usai GP Meksiko. (Clive Mason/Getty Images/AFP)

Metrotvnews.com, London: Pembalap Inggris Lewis Hamilton berpeluang mendapatkan gelar kehormatan Inggris "Sir" usai memastikan gelar juara dunia Formula 1 musim 2017. Total, Hamilton sudah empat kali menyabet titel juara dunia di ajang balap mobil paling bergengsi di dunia itu.

Hamilton memang hanya finis di urutan sembilan saat menyelesaikan GP Meksiko pada akhir pekan lalu. Namun, tambahan dua poin yang didapatnya sudah cukup untuk menyegel gelar juara F1 GP musim 2017.

Saat ini, Hamilton berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 333 poin atau unggul 56 poin dari pesaing terdekatnya, Sebastian Vettel. Dengan hanya dua seri tersisa di musim ini, raihan poin Hamilton tidak mungkin dikejar Vettel yang maksimal hanya bisa menambah 50 poin.


Klik: Alonso Janji Bakal Menyulitkan Hamilton Musim Depan


Peluang Hamilton mendapat nama tambahan Sir juga bukan hal yang mustahil karena ia sudah melampaui pencapaian Sir Jackie Stewart mendapat gelar ksatria setelah menjadi juara dunia sebanyak tiga kali. Sejak saat itu, Stewart bahkan dinobatkan sebagai pembalap terhebat se-Inggris Raya.

Sejatinya, Hamilton sudah mendapatkan gelar bangsawan atau MBE (Member of British Empire) setelah menjadi juara dunia pada 2008. Namun itu dirasa belum cukup karena Hamilton juga menyadari  pencapaiannya sudah melebihi Steward.

"Saya rindu bertemu Ratu sejak makan siang bersama di Istana Buckingham pada 2008 lalu dan saya selalu siap kembali ke sana," ujar Hamilton seperti dilansir telegraph.

"Saya selalu berusaha menjadi yang terbaik setiap mewakili Inggris. Jika prestasi ini diakui, maka sungguh sebuah kehormatan besar bagi saya," tambahnya.    


Klik: Fakta Menarik di Balik Gelar Juara Dunia Hamilton


Selain Stewart, masih ada beberapa tokoh olahraga di Inggris yang mendapat gelar sir. Beberapa di antaranya adalah petenis Andy Murray, pelari Mo Farah, dan mantan pelatih klub sepak bola Manchester United Alex Ferguson.

Meski belum dinobatkan, Hamilton sudah berandai-andai apabila mendapat gelar ksatria. Menurutnya, sebutan Sir itu akan ia gunakan untuk teman-temannya yang ikut membantu meraih prestasi.

"Apabila diberikan, saya akan menerima gelar itu dan melaksanakan tanggung jawabnya," kata Hamilton sambil bergurau. "Semua teman yang memanggil Sir, akan saya panggil mereka Sir juga. Kondisi itu pasti unik ketika kami saling berkirim pesan singkat," tambahnya menutup.   

Hamilton sudah empat kali menjadi juara dunia F1 GP, yakni pada 2013, 2014, 2015 dan 2017. Ia hanya butuh tiga gelar juara dunia lagi untuk menyamai rekor Michael Schumacher sebagai pembalap terhebat sepanjang sejarah Formula 1.

 


(ACF)