F1 2016

FIA Berikan Jawaban Terkait Banding Ferrari

Krisna Octavianus    •    12 November 2016 13:00 WIB
f1 2016
FIA Berikan Jawaban Terkait Banding Ferrari
Sebastian Vettel (tengah) saat berada di podium GP Meksiko, tapi kemudian gelarnya dicabut (Foto: AFP/YURI CORTEZ)

Metrotvnews.com, Sao Paolo: FIA mengeluarkan pernyataan terkait banding Ferrari soal hukuman yang diterima Sebastian Vettel di GP Meksiko dua pekan lalu. Itu terjadi setelah menolak klaim tim Ferrari yang menginginkan peninjauan kembali terkait kasus pengereman.

Vettel sempat dipromosikan naik podium posisi ketiga dalam balapan GP Meksiko menyusul hukuman untuk Max Verstappen. Akan tetapi, ia kemudian kehilangan podium ketika ia dinilai melakukan pengereman yang salah saat membela diri dari kejaran Daniel Ricciardo di lap 70.

BACA: Vettel Dihukum, Ferrari Resmi Ajukan Banding

Vettel kemudian dihukum 10 detik. Ia mendapat hukuman tersebut karena dianggap terlalu agresif oleh FIA dalam hal defensif.

Ferrari kemudian menyerukan peninjauan hukuman di bawah kode olahraga internasional FIA menjelang Grand Prix Brasil. Mereka mengklaim ada sejumlah elemen baru setelah keputusan itu diberikan yang membuat keputusan bisa ditinjau berdasarkan pasal 14.1 dari kode olahraga internasional.

Namun, FIA langsung menjawab permintaan Ferrari. Menurut FIA direktur perlombaan F1, Charlie Whiting yang memutuskan hukuman tersebut berhak menerbitkan hal tersebut dan memberikan podium kepada pembalap lain jika pembalap yang sebelumnya dapat podium melakukan kesalahan.

"Fakta direktur balapan tidak menerapkan kebijaksanaannya tidak relevan dengan keputusan yang diambil. Dalam kaitannya dengan data GPS, kami mencatat data ini tersedia untuk tim selama perlombaan. Hal ini juga tersedia untuk dan disebut oleh pengawas saat balapan," demikian pernyataan FIA.

Ferrari juga mengakui data GPS tidak bertentangan dengan indikasi dari telemetri dan bukti lain yang meyakinkan pengawas balapan soal pengereman pembalap.

"Pasal 14.2 dari Kode Olahraga Internasional memberikan pelayan kebijaksanaan untuk menentukan apakah elemen baru ada," kata pernyataan itu.

BACA: Rossi: Saya Tidak Cukup Cepat!

"Setelah menerima semua pengajuan tertulis dan lisan, dan hati-hati menganggap mereka, pengawas balapan  memutuskan tidak ada unsur baru." (Autosport)


(KRS)