Tim Formula 1

Ron Dennis Dipaksa Mundur dari McLaren Technology Group

Ahmad Garuda    •    17 November 2016 10:40 WIB
formula 1
Ron Dennis Dipaksa Mundur dari McLaren Technology Group
Ron Dennis lengser dari posisi pimpinan tertinggi McLaren Technology Group. McLaren

Metrotvnews.com, Inggris: Salah satu pemilik saham di McLaren Technology Group (MTG) yang juga mantan prinsipal tim McLaren-Honda, Ron Dennis, dipaksa mundur dari jabatannya. Ia dinyatakan tak mampu membawa MTG ke arah yang lebih baik lagi. Namun pria berusia 69 tahun tersebut, masih tetap jadi pemegang saham sebesar 25 persen.

Posisinya sama dengan Mansour Ojjeh yang juga memegang jumlah saham yang sama. Pemegang saham terbesar adalah perusahaan asal Bahrain yaitu Mumtalakat mengendalikan 50 persen.

Dennis mencurigai adanya agenda setting untuk memaksa dirinya mundur. "Jelas ini sangat mengecewakan. Pemegang saham utama lainnya di McLaren, memaksaku lengser dari jabatan sebagai Chairman and Chief Executive of the McLaren Technology Group," kata Dennis.

"Alasan mereka melakukan itu karena saya dinilai tak bersungguh-sungguh. Padahal gaya manajemenku tidak pernah berubah. Sudah berapa banyak kami memenangi titel juara Formula One. Bahkan kami berhasil mengembangkan kejuaraan dunia dan tumbuh menjadi lahan bisnis dengan penghasilan murni GBP850 juta per tahun."

Tapi Dennis takkan lama-lama menjadi pensiunan. Lantaran dalam waktu yang tak lama, Ia berencana membuat fasilitas baru pembiayaan teknologi. Ini akan segera Ia dirikan setelah kontraknya resmi berakhir di McLaren.

Dari sisi lain, kiprah mereka di balap F1 (tim McLaren) belum kompetitif lagi sejak menjadi tim pabrikan Honda. Mereka belum pernah meraih kemenangan sejak F1 2012 Brasil saat masih menggunakan mesin Mercedes-Benz.


(UDA)