Formula 1

Massa: Start jadi Kuncian, Pembalap F1 Harus Cerdas

Ahmad Garuda    •    13 Oktober 2016 15:23 WIB
formula 1
Massa: <i>Start</i> jadi Kuncian, Pembalap F1 Harus Cerdas
Mengawali balapan di balap Formula 1 adalah hal yang paling sulit, karena setup kopling sekarang harus dilakukan sendiri oleh pembalap. XPB Images

Metrotvnews.com, Brazil: Mengawali balapan di ajang balap Formula 1, bukanlah sesuatu yang mudah. Sekadar bayangan saja, mobil F1 dilengkapi dengan dua pedal kopling dan keduanya punya fungsi yang nyaris sama. Perbedaannya terbesarnya ada kopling khusus yang digunakan untuk mengawali balapan.

Dulunya para pembalap terima jadi atas saran dari kru tim. Tentunya dengan menganalisis hasil latihan start dan lain sebagainya. Tapi sekarang, para pembalap menentukan sendiri setup yang ingin Ia aplikasikan. Perubahan regulasi menuntut semuanya dilakuakn sendiri oleh pembalap. Sehingga ketika regulasi baru musim 2016 diterapkan, banyak pembalap yang mengalami masalah saat mengawali balapan.

"Start jadi kuncian, pembalap F1 harus cerdas. Sekarang sangat mudah melakukan kesalahan saat mengawali balapan. Ini terjadi karena perubahan regulasi menuntut kami pembalap melakukan setup sendiri untuk bagian ini. Contoh paling nyata bisa dilihat saat saya mengawali balapan di F1 Monza, Italia. Ban saya malah selip dan burn out saat melakukan start. Ditambah lagi kondisi aspal memang minim grip, sehingga makin parah," kisah Felipe Massa yang dikutip dari catatan resminya di Motorsport.com.

Perbedaan yang dimaksud Massa dengan pada saat kru tim masih mengambil alih setup kopling ini, adalah pembalap bisa melepaskan kopling tanpa takut ban belakang selip karena penempatan sistem pembaca traksi di awal. Namun karena yang setup adalah pembalap, maka feeling harus benar-benar kuat dan cerdas membaca level grip ban ke aspal pada saat start.

"Solusi yang paling aman adalah melepas kopling dengan cara mengurut, tidak usah takut ketinggalan, karena pada akhirnya saya melihat banyak pembalap yang mengalami ban selip dan saya malah bisa melaju lebih baik. Bukan hanya para pembalap di barisan belakang yang mengalaminya, namun juga pembalap di urutan depan."

Pembalap yang bakal segera mengakhiri masa karirnya di F1 2016 ini, menegaskan bahwa cara lain untuk bisa tampil kompetitif di grid start adalah dengan cara memperbanyak latihan start. Ini penting agar tak mengalami masalah seperti yang dikisahkan Massa.


(UDA)