F1 2018

Dukungan Verstappen untuk Vettel usai Kecelakaan

M. Rizky Adhestian    •    24 Juli 2018 11:10 WIB
F1 2018
Dukungan Verstappen untuk Vettel usai Kecelakaan
Mobil Sebastian Vettel diangkut usai kecelakaan (Foto: AFP PHOTO / Andrej ISAKOVIC)

Hockenheim: Pembalap Red Bull Max Verstappen membela Sebastian Vettel atas insiden tunggalnya di Sirkuit Hockenheim GP Jerman pada Minggu, 22 Juli. Menurutnya, keadaanya memang sangat menyulitkan saat itu.

Vettel tengah memimpin balapan dengan jarak sejauh sembilan detik dan tinggal 15 lap hingga finis. Namun, pembalap Ferrari tersebut malah kehilangan kendali dan keluar jalur, lalu menghantam dinding. Driver asal Jerman itu pun harus keluar balapan.

Pada insiden tersebut, trek memang terlihat licin karena di guyur hujan menjelang lap-lap akhir. Beberapa tim menyempatkan untuk masuk pit-stop dan mengganti ban yang cocok untuk kondisi tersebut.

Baca: Langgar Aturan, Hamilton Lolos Hukuman FIA

Verstappen mengatakan, insiden Vettel yang tidak disangka-sangka itu memang dapat dipahami. Pembalap yang finis di urutan keempat pada balapan tersebut menegaskan kesalahan dalam mengerem sedikit saja dapat berakibat fatal saat itu.

"Itu sangat membingungkan. Terutama di tikungan itu (tempat insiden Vettel). Bahkan jika (ban) Anda terkunci sedikit saja, Anda langsung keluar (trek). Keadaannya sulit," kata Verstappen dikutip Motorsport.

Ketika ditanya apakah ini bukan merupakan kesalahan Vettel yang pertama kali, Verstappen menjawab: "Ya, kalau dibilang kesalahan... Situasinya itu benar-benar sulit. Itu bisa terjadi pada siapa pun."

Kegagalan Vettel meraih poin menjadi keuntungan besar bagi Lewis Hamilton yang saat itu keluar sebagai juara. Pembalap Mercedes tersebut menggeser singgasana Vettel di puncak klasemen dengan membuat jarak 17 poin.




(ASM)