Pelindung Halo Akhirnya Terbukti Ampuh

M. Rizky Adhestian    •    18 Mei 2018 11:43 WIB
F1 2018
Pelindung Halo Akhirnya Terbukti Ampuh
Kondisi bagian mobil Tadasuke Makino yang ditabrak (Foto: Autosport)

Barcelona: Perangkat Halo pada mobil balap Formula terbukti merupakan komponen pelindung yang efektif untuk driver. Hal tersebut terlihat pada sebuah insiden balapan Formula 2 di Barcelona akhir pekan lalu.

Keputusan Federasi Automobil Internasional (FIA) untuk mewajibkan penggunaan perangkat Halo sebelumnya menjadi polemik di antara pembalap dan masing-masing timnya. Perangkat pelindung tersebut dianggap menambah bobot mobil secara signfikan dan mengganggu pengelihatan pengemudi.

Namun, sebuah insiden pada balapan F2 akhir pekan lalu menunjukkan betapa pentingnya alat tersebut untuk keamanan. Adalah pembalap tim Russian Time, Tadasuke Makino, yang mengakui hal tersebut.

Makino terlibat insiden dengan pembalap tim BWT Arden, Nirei Fukuzumi, pada tikungan keempat trek Barcelona. Ban belakang Fukuzumi terlihat menyambar bagian kokpit Makino yang untungnya dilindungi perangkat Halo.

Baca: Pemerintah Memperketat Pengamanan Asian Games 2018


"Pertama saya coba mobilnya, saya pikir Halo tidak bagus, karena pengelihatan terganggu. Tetapi, hari itu Halo membantu saya," kata Makino.

"(Halo) Sangat penting. Saya paham fungsinya sekarang. Saya tidak tahu apa yang terjadi, tetapi tanpa Halo, saya rasa ban belakang (Fukuzumi) akan menghajar helm saya," sambungnya.

Selain Halo, ada beberapa hal baru yang diterapkan pada mobil Formula 1 untuk musim ini. Dari segi teknis, kebijakan suspensi dan winglet juga diterapkan untuk pengaruh aerodinamika. (Motorsport)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Persija Jakarta Pilih Latihan Malam Selama Ramadan


(ASM)