Friksi Vettel-Hamilton

FIA Putuskan Tak Berikan Sanksi Tambahan kepada Vettel

Rendy Renuki H    •    04 Juli 2017 13:55 WIB
f1 2017
FIA Putuskan Tak Berikan Sanksi Tambahan kepada Vettel
Sebastian Vettel (AFP PHOTO / Alexander NEMENOV)

Metrotvnews.com, Jenewa: Federasi Balap Mobil Internasional (FIA) memutuskan tidak memberikan sanksi tambahan kepada Sebastian Vettel. Hal itu dilakukan FIA menyusul permintaan maaf Vettel usai terlibat friksi dengan Lewis Hamilton di Grand Prix Formula 1 Azerbaijan, 25 Juli lalu.

Vettel bersama tim prinsipal Ferrari Maurizio Arrivabene, bertemu presiden FIA Jean Todt di Paris, Senin 3 Juli lalu. Pertemuan itu guna membahas kejadian di Sirkuit Baku antara pembalap Ferrari dan Mercedes tersebut.

Vettel dinilai sengaja menabrakkan mobilnya ke arah Hamilton usai merasa dirugikan di tikungan ke-20. Vettel menilai Hamilton sengaja memperlambat mobilnya yang membuat moncong mobil Vettel mengenai bagian belakang mobil Hamilton.

(Baca: Wolff: GP Azerbaijan Konfirmasi Kecepatan Mercedes)


Namun, usai permintaan maaf Vettel dan komitmennya mengajari para pembalap muda, FIA memilih untuk tak memperpanjang masalah tersebut.

"Sehubungan dengan perkembangan ini, Presiden FIA Jean Todt memutuskan bahwa masalah ini harus disudahi," bunyi pertanyaan FIA.

"Meski demikian, dalam mencatat tingkat keparahan pelanggaran dan konsekuensi negatifnya, Presiden FIA menegaskan jika terulang perilaku semacam itu, maka masalah tersebut akan dirujuk ke Pengadilan Internasional FIA untuk penyelidikan lebih lanjut," sambung pernyataan itu.

FIA sebelumnya telah mengadakan pertemuan luar biasa untuk memeriksa kembali kejadian tabrakan Vettel dengan Hamilton. FIA menggabungkan beberapa bukti pada pertemuan yang juga dihadiri Sekjen FIA Peter Bayer, Direktur Balap F1 Charlie Whiting, dan Wakil Direktur Lomba Laurent Meckies kemarin waktu setempat. (Motorsport)

Video: Hadapi SEA Games, Atlet Angkat Besi Kembali Berlatih
 


(ACF)