Fakta F1 2016

Alonso jadi Pembalap Paling Rajin Menyusul di Lap Pertama

Ahmad Garuda    •    22 November 2016 18:30 WIB
pembalap f1
Alonso jadi Pembalap Paling Rajin Menyusul di Lap Pertama
Fernando Alonso jadi pembalap paling rajin menyusul di lap pertama sepanjang musim 2016. XPB Images

Metrotvnews.com, Spanyol: Carlos Sainz Jr. menyatakan bahwa Fernando Alonso sudah sewajarnya mendapat titel juara dunia paling tidak lebih dari 5 kali. Namun nasib yang kurang beruntung membawanya hanya berada di urutan kedua dan ketiga di klasemen akhir pembalap F1.

Tapi fakta baru yang cukup mengejutkan di 2016 mengatakan bahwa Alonso adalah pembalap dengan pencapaian terbaik di lap pertama. Ia selalu mampu memanfaatkan lap pertama dengan menyusul banyak pembalap di depannya dan meraih posisi yang lebih baik. Tak heran dalam beberapa strategi balapan Ia cukup diunggulkan.

Sayang performa mobilnya yang kurang mumpuni melawan pembalap lain, membuatnya hanya mampu bertarung di luar posisi finish podium pada akhir balapan.

Berdasarkan data yang dirilis F1Fanatic.co.uk, bahwa Alonso adalah pembalap dengan persentase menyusul di lap pertama cukup tinggi, jika dilihat dari posisi start yang Ia tempati awalnya. Rata-rata Ia berada di posisi lebih baik dengan angka rata-rata 2,26 dengan jumlah total menyusul di lap pertama sebanyak 43 pembalap.

Sementara pembalap yang paling banyak tersusul di lap pertama, ditempati oleh Nico Rosberg dari posisi start yang Ia raih. Ia rata-rata tersusul oleh pembalap lain dengan angka -1,42. Totalnya selama F1 2016 berlangsung, Ia kehilangan posisi dan tersusul 27 kali. Data yang terhimpun ini diperoleh hingga seri Brasil.

Berikut angka rata-rata dan totalnya:



(UDA)