GP F1 2018 Australia

Kecelakaan dan Dapat Penalti 5 Grid, Bottas: Saya Terlalu Memaksa

Rendy Renuki H    •    25 Maret 2018 13:59 WIB
F1 2018
Kecelakaan dan Dapat Penalti 5 Grid, Bottas: Saya Terlalu Memaksa
Kecelakaan yang menimpa Valtteri Bottas saat sesi kualifikasi GP F1 Australia (AFP PHOTO / Saeed KHAN)

Melbourne: Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, harus puas start dari posisi 15 pada balapan Grand Prix Formula 1 Australia, Minggu 25 Maret. Bottas mendapat penalti turun lima grid ke posisi 15 setelah mengganti gearbox karena kecelakaan.

Pembalap asal Finlandia awalnya mampu menyelesaikan sesi kualifikasi di posisi 10. Namun, ia mengalami kecelakaan pada sesi ketiga kualifikasi yang membuat mobilnya menabrak dinding pembatas di tikungan dua.

Alhasil, gearbox pada mobil M09 yang dikemudikannya rusak. Hal itu yang membuat tim asal Jerman itu terpaksa mengganti gearbox baru dan berimbas penalti lima grid bagi Bottas.

Klik: Lewis Hamilton Start Terdepan di F1GP Australia


"Saya terlalu memaksakan diri di tikungan itu, berusaha memangkas waktu. Insiden ini merugikan saya di Q3 dan juga tim harus bekerja ekstra agar siap untuk balapan," kata pembalap 28 tahun itu dilansir Motorsport.com.

Beruntung, kondisi fisik Bottas tak mengalami masalah usai insiden tabrakan. Penanganan cepat yang diterima Bottas tidak ditemukan adanya efek serius dari kecelakaan yang tercatat sebesar 27G itu.

"Benturannya cukup keras, dan saya lega semuanya baik-baik saja. Untuk saat ini saya tidak kesakitan. Saat kejadian memang sedikit terasa sakit, tapi saya rasa itu pantas setelah kesalahan seperti itu," tutupnya.

 


(REN)