Hamilton Akui Sulit Kemudikan Mobil Mercedes Musim 2017

Rendy Renuki H    •    27 Desember 2017 17:01 WIB
f1 2017
Hamilton Akui Sulit Kemudikan Mobil Mercedes Musim 2017
Lewis Hamilton (AFP PHOTO / CHRISTOPHE SIMON)

London: Lewis Hamilton mengakui sulit mengemudikan mobil Mercedes di musim 2017. Akselerasi mobil W08 yang 'liar' membuatnya harus berjuang ekstra keras meraih gelar juara dunia.

Mobil yang dikemudikan Hamilton memang sulit dikendalikan, apalagi jika memakai ban Pirelli yang menjadi ban resmi Formula 1 musim lalu. Terlebih, jika ban yang dipasang di mobil Hamilton bertipe kompon ultrasoft.

Selain itu, dimensi bodi mobil yang lebih lebar membuat pembalap asal Inggris itu harus bekerja ekstar keras. Beruntung, Hamilton bisa mengatasinya dengan memenangi sembilan seri dan mengantarkannya menyabet juara dunia keempat.

Baca: Kecewa Soal Gaji, Mulyo Handoyo Berpotensi Tinggalkan India


"Ini yang paling sulit. Ada beberapa masalah yang sudah terjadi pada beberapa tahun terakhir ini, dan baru sekarang kami menyadari bahwa kami harus melakukan sesuatu," ujar Hamilton dilansir Motorsport.

"Mobil baru, dengan ukuran yang lebih lebar, mungkin juga ikut andil memperbesar masalah ini. Perbedaan dinamika ban, dari segi itu juga telah menjadi sangat sulit," sambungnya.

Bukan hanya itu, sifat mobil W08 yang membuat ban belakang cepat haus membuat Hamilton dan Valtteri Bottas harus ekstra hati-hati. Pasalnya dalam keadaan ban haus tersebut, mobil akan sulit menjaga keseimbangan.

"Supaya bisa mendapatkan performa tambahan, sering kami harus bekerja lebih keras di mobil. Tapi kami seperti berada di ujung tanduk untuk bisa mencapai titik itu," tambah Hamilton.

"Tahun ini banyak orang berkata bahwa kami memiliki mobil yang paling bagus, dan ya itu memang benar. Tapi ada beberapa masalah mendasar yang saya harus bekerja keras untuk bisa mengatasinya," tutupnya.

 


(REN)