Jelang F1GP Bahrain

Kimi Tercepat, Ferrari Kuasai FP2 GP Bahrain

Achmad Firdaus    •    07 April 2018 01:06 WIB
F1 2018
Kimi Tercepat, Ferrari Kuasai FP2 GP Bahrain
Aksi Kimi Raikkonen saat mencatatkan waktu tercepat di FP2 F1GP Bahrain (Foto: AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Manama: Ferrari tampil gemilang pada sesi latihan bebas kedua (FP2) GP Bahrain, Jumat 6 April 2018. Dua pembalap Kuda Jingkrak, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel tampil sebagai yang tercepat.

Ferrari memperbaiki penampilan kompetitifnya pada sesi latihan bebas kedua di Sirkuit Sakhir, Bahrain. Kimi dan Sebastian Vettel yang hanya menempati posisi tiga dan empat di sesi pertama, tampil brilian di sesi kedua.

Dengan mulai tenggelamnya matahari dan menurunnya suhu panas di sirkuit yang dikelilingi gurun itu, Ferrari tampil impresif dalam sesi yang biasanya digunakan tim-tim untuk melakukan simulasi balapan ini.
 

Baca: Ricciardo Tercepat di FP1 GP Bahrain


Kimi yang menggunakan dua tipe ban (soft dan supersoft) mampu mencatatkan waktu terbaik 1 menit 29,817 detik. Ia unggul tipis (0,011 detik) atas Vettel yang mempertegas dominasi Ferrari dengan menduduki posisi dua.

Sayangnya, penampilan heroik Kimi di sesi latihan bebas kedua ini sedikit ternoda dengan kelalaian kru tim Ferrari di pit stop. Mereka tidak telaten memasang ban pada mobil Kimi sehingga ban tersebut terlepas dan memaksa Kimi harus kembali ke pit.

Insiden ini tidak lepas dari pantauan stewards. Akibat insiden yang dianggap membahayakan ini, Ferrari harus membayar denda 5.000 euro atau setara Rp84 juta.
 

Baca juga: Pedrosa Pimpin Latihan Bebas Pertama GP Argentina


Terlepas dari insiden tersebut, penampilan Ferrari di sesi kedua ini sulit disaingi Mercedes. Valtteri Bottas yang menggunakan strategi ban sama dengan Ferrari, hanya mampu menempati posisi tiga. Bottas mencatatkan waktu terbaiknya, 1 menit 30,380 detik, atau tertinggal lebih dari setengah detik di banding catatan waktu Kimi.

Sementara itu, Lewis Hamilton yang menggunakan kombinasi ban medium dan soft harus puas duduk di posisi empat.

Di luar Ferrari dan Mercedes, persaingan di GP Bahrain nanti diprediksi akan melibatkan Red Bull Racing. Itu setelah dua pembalapnya, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo berhasil menguntit di posisi lima dan enam. Ricciardo bahkan sebelumnya sempat mencatatkan diri sebagai pembalap tercepat di sesi latihan bebas pertama.

Berikut hasil lengkap FP2 F1GP Bahrain:


Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga


Video: Strategi Sean Gelael di Seri Perdana Formula




(ACF)