Sebastian Vettel Rajai GP Silverstone Inggris

Gregah Nurikhsani Estuning    •    08 Juli 2018 22:17 WIB
F1 2018
Sebastian Vettel Rajai GP Silverstone Inggris
Sebastian Vettel. (Foto: Twitter/@f1)

Silverstone: Sebastian Vettel berhasil keluar sebagai yang terdepan dan tercepat di Sirkuit Silverstone pada lanjutan Formula 1 GP Inggris. Pembalap Ferrari itu unggul dua detik dari Lewis Hamilton.

Insiden di awal race sempat membuat Hamilton dan Sergio Perez tercecer masing-masing di posisi 17 dan 19. Keduanya lalu perlahan naik memasuki lap 10; Hamilton ke tangga enam, Perez tertahan di tangga ke-17.

Pada crash yang terjadi di awal lap tersebut, Brendon Hartley harus menyudahi balapan lebih awal karena mesin mobilnya tak bisa diajak kompromi. Hamilton pun sebenarnya sempat melaporkan kondisi mobilnya yang berantakan.

"Bagian belakang (mobil) rusak, saya rasa mobil saya rusak!" kata Hamilton pasca crash yang melibatkan empat mobil tersebut.

Pada lap tujuh, Kimi Raikkonen dianggap melakukan pelanggaran saat mobilnya menyenggol mobil Hamilton. Akibatnya, ia mendapatkan penalti 10 detik.

Memasuki lap 20, korban kembali berjatuhan. Kali ini, pembalap asal Polandia, Charles Leclerc harus menyudahi balapan. Sesaat setelah keluar dari pit stop, ia mengalami kecelakaan sampai ban rodanya lepas.

Keputusan Hamilton memasuki pit stop dan mengganti ban membuahkan hasil. Lap 30, ia mencatat waktu lap tercepat (1 menit 31,546 detik) dan makin memangkas jarak dengan Raikkonen di depannya.

Balapan makin keras memasuki lap 40. Carlos Sainz Jr, Romain Grosjean, Marcus Ericsson, dan Max Verstappen menyusul Leclerc dan Hartley yang keluar dari race.

Di depan, Valtteri Bottas yang memimpin cukup lama disalip Vettel pada lap 47. Di tempat ketiga ada Hamilton yang akhirnya sanggup menyusul Raikkonen.

Bottas benar-benar kehilangan kendali. Tiga lap terakhir, posisinya kembali disalip oleh Hamilton. Pembalap Finladia itu bahkan turun ke posisi empat setelah Raikkonen sanggup mendahuluinya.

Posisi tersebut tak berubah hingga akhir lap. Kemenangan Vettel berarti banyak buat Ferrari. Untuk pertama kalinya sejak 2001, tim Kuda Jingkrak itu akhirnya bisa menaklukkan Sirkuit Silverstone.

Usai race, Vettel mengatakan keluar masuknya safety car karena banyaknya crash membuat balapan sedikit 'terbumbui'. Akan tetapi, ia tetap senang dengan kemenangan tersebut.

"Safety car menjadi bumbu di bakapan ini. Tapi, barusan adalah balapan yang menarik dengan Valtteri. Saya rasa saya membuatnya terkejut. Saya sangat senang," kata Vettel.

Berikut hasil lengkap balapan:



Video: Intip Sibur Arena Stadion Tercantik di Rusia, #SalamdariRusia