Cerita Verstappen saat Sayap Mobilnya Patah hingga Finis di Posisi Ketiga

M. Rizky Adhestian    •    15 Mei 2018 13:32 WIB
F1 2018
Cerita Verstappen saat Sayap Mobilnya Patah hingga Finis di Posisi Ketiga
Max Verstappen (Foto: AFP/ Josep Lago)

Barcelona: Max Verstappen sukses meraih podium pertamanya sepanjang musim 2018 di Formula 1 GP Spanyol Minggu 13 Mei lalu. Mobil pembalap Red Bull berhasil finis meski dengan kerusakan sayap depan kiri.

Verstappen menempati posisi ketiga pada GP Spanyol akhir pekan lalu. Namun, sebelumnya ia sempat mendapat masalah usai bersenggolan dengan Lance Stroll dari Williams Martini.

Kecelakaan yang dialami Esteban Ocon membuat Virtual Safety Car (VSC) keluar untuk menginterupsi jalannya balapan. Verstappen yang saat itu bermaksud mengambil posisinya kembali malah menyenggol ban kanan belakang Stroll.

Insiden tersebut membuat sayap kanan depan RB14 miliknya patah. Namun, tim Red Bull tidak memutuskan untuk mengganti bagian depan mobil Verstappen tersebut.

"Saya mencoba mendekat sebisa mungkin dalam maksud baik (bukan menyalip) dan saya terlalu dekat di belakang Stroll. Saya merasa ia sedikit mengerem, jadi kami bersenggolan," kata Verstappen.

Baca: Krisis Ducati pada MotoGP 2018


"Untungnya, itu hanya bagian luar sayapnya jadi saya masih bisa lanjut. Saya hanya merasa agak hilang kendali pada belokan dengan kecepatan tinggi," sambungnya.

Meski begitu, Verstappen mengaku terkejut masih bisa menyelasikan balapan dengan finis di podium ketiga. Menurutnya, insiden tersebut bisa saja membuat harinya jadi lebih buruk.

"Awalnya memang saya mengira begitu (akan parah). Saya terus melaju dan merasa kewalahan di tikungan tiga dan sembilan. Tetapi, sejujurnya itu tidak begitu parah," ujar Verstappen.

Hasil positif ini membuat Verstappen naik ke posisi enam klasemen pembalap sementara dengan mengoleksi 33 poin. Namun, ia masih terpaut 14 poin dengan rekan satu timnya, Daniel Ricciardo di posisi kelima. (Motorsport)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Duo Red Bull Ajari Andres Iniesta Lakukan Simulasi Ganti Ban


(ASM)