Rio Haryanto F1

Rio Haryanto Kangen Mengaspal di F1

Krisna Octavianus    •    05 November 2016 22:35 WIB
rio haryantof1 2016
Rio Haryanto Kangen Mengaspal di F1
Rio Haryanto (Foto: PATRIK STOLLARZ/AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rio Haryanto tak bisa menutupi rasa kangennya turun membalap di Formula One (F1). Posisinya sekarang yang sebagai pembalap cadangan di Manor menutup peluangnya untuk menunjukkan aksi di lintasan balap jet darat tersohor di dunia tersebut.

Rio Haryanto menggebrak F1 musim 2016 setelah menjadi satu-satunya pembalap asal Asia dan pembalap pertama asal Indonesia yang mengaspal di ajang F1. Akan tetapi, ia harus puas hanya menjadi pebalap utama Manor selama setengah musim karena masalah pendanaan.

BACA: Lin Dan Resmi Jadi Ayah


Menurut kontrak, ia harus membayar sebesar 15 juta euro jika ingin membalap bersama Manor sampai musim 2016 berakhir. Namun, itu semua sirna setelah ia dan manajemen hanya sanggup membayar 8 juta euro sehingga ia tak bisa membela Manor sampai akhir musim. Dengan keadaan itu, Rio akhirnya "turun kasta" sebagai pembalap cadangan. Ia bisa kembali membalap jika salah satu dari pembalap Manor, Sebastian Ocon dan Pascal Wehrlein berhalangan. Hal ini membuat pembalap asal Solo itu sangat kangen bisa kembali membalap sebagai pembalap utama.

"Sebagai pembalap tentu saya ingin sekali jadi pembalap utama, jadi sudah sangat rindu. Saya tetap terus berlatih, tahun depan saya udah beberapa opsi (tim) dan selama ini semua terlihat baik dan mudah-mudahan ada kabar baik beberapa pekan ke depan," ujar Rio kepada Metrotvnews.com, Sabtu (5/11/2016).

Meski berstatus pembalap cadangan, Rio tetap mensyukuri hal tersebut. Menurutnya, jadi pembalap cadangan membuat ia tetap bisa merasakan atmosfer F1 dan itu menjadi hal yang bagus jika musim depan ia kembali bisa membalap di F1.

"Kegiatan saya sejauh ini terus mengikuti balapan di F1, terlebih status saya sebagai reserve driver sehingga saya harus ikut setiap race dan terus belajar dan harus siap selalu bila main driver manor berhalangan saya gantikan. Jadi ini bagus, secara fisik dan mental saya harus selalu siap," sambungnya.

Kini, kabar terbaru menyebut Rio Haryanto akan kembali membalap di F1. Ia menyebut ada beberapa tim yang menginginkan jasanya sebagai pembalap utama musim depan.

 


(KRS)