Pembalap F1

Sainz Jr. Masih Terpesona dengan Performa Alonso

Ahmad Garuda    •    21 November 2016 11:39 WIB
pembalap f1
Sainz Jr. Masih Terpesona dengan Performa Alonso
Carlos Sainz Jr. puji performa Fernando Alonso di balap F1. Honda Racing

Metrotvnews.com, Spanyol: Carlos Sainz Jr. rupanya tak bisa menutupi kekagumannya kepada Fernando Alonso. Putra dari legenda juara dunia rally, Carlos Sainz itu, menganggap bahwa jika ada orang yang patut Ia sanjung, maka Alonso-lah jawabannya.

Ia menegaskan hal tersebut setelah menganalisa cara Alonso balapan di F1. Kemudian strategi-strategi yang Ia gunakan, bisa sukses memberikan hasil bagus. Padahal mesin dan paket mobilnya jauh dari katak kompetitif. Apalgi jika dibandingkan dengan tim-tim papan atas saat ini, seperti Mercedes GP, Ferrari dan Red Bull.

"Bagiku, Ia sudah seperti meraih titel juara dunia sebanyak lima atau enam kali. Apa yang Ia lakukan di tim Ferrari tahun-tahun sebelumnya, tak banyak pembalap yang bisa melakukannya. Terlebih setelah Ia menunjukkan hasil bagus bersama McLaren ketika tim itu jadi duta Honda di F1," puji Sainz.

Bagi Sainz, angka titel juara dunia yang hanya dua secara resmi Ia kantongi, tak lebih dari angka semata. Tapi esensinya, Alonso sebenarnya punya titel juara dunia lebih dari lima kali. "Jika anda bertanya di paddock F1, semua orang akan sepakat bahwa Ia adalah salah satu dari pembalap terbaik."

"Titel juara dunia hanyalah perjara Anda mendapat mobil yang kompetitif atau tidak. Atau bahasa sederhananya adalah berada di waktu dan momentum tepat. Justru yang membedakan adalah progres performa Anda dari tahun ke tahun."

Sepanjang perjalanan karirnya bersama tim McLaren-Honda, Ia masih kebanyakan mengalami masalah untuk tmapil kompetitif. Meski demikian, Ia masih bisa sesekali menembus posisi finish di urutan kelima. Tercatat, Ia sudah dua kali finish di urutan kelima, yaitu di F1 Monako dan F1 Austin.


(UDA)