Jelang F1 Brasil

Momen-Momen Epik Rebut Juara Dunia di F1 Brasil

Ahmad Garuda    •    10 November 2016 16:21 WIB
f1 brasil
Momen-Momen Epik Rebut Juara Dunia di F1 Brasil
Fernando Alonso mengamankan titel juara dunia di F1 Brasil 2005. Formula1

Metrotvnews.com, Brasil: Pertarungan epik perebutan titel juara dunia paling dramatis di Formula One (F1) seri Brasil, masih diraih oleh Lewis Hamilton saat merebutnya dari Felipe Massa di F1 2008. Tapi ada juga momentum lain yang tak kalah menarik. Dua di antaranya ditunjukkan oleh Fernando Alonso di awal karirnya bersama tim Renault F1.

Fernando Alonso juara dunia di 2005
Pertarungannya saat itu adalah mengamankan titel juara dunia dari Kimi Raikkonen yang tampil apik di tim McLaren-Mercedes. Ia akhirnya mengamankan titel juara dunia di F1 Brasil meski hanya finish di posisi ketiga di belakang Kimi Raikkonen.

Fernando Alonso juara dunia di 2006
Tak kalah serunya dengan F1 2005, di tahun 2006 yang merupakan tahun terakhir Michael Schumacher di tim Ferrari F1, juga penuh intrik. Meski Schumaher dibantu oleh Felipe Massa yang meraih kemenangan, tapi Alonso finish di urutan kedua, sudah cukup untuk membuatnya meraih titel juara dunia kedua.

Kimi Raikkonen juara dunia di 2007
Kimi Raikkonen adalah peraih titel juara dunia dengan selisih poin yang sangat tipis dari pembalap di urutan kedua klasemen. Ia hanya unggul 1 poin atas duo pembalap tim McLaren-Mercedes yaitu Lewis Hamilton dan Fernando Alonso yang berseteru hebat sepanjang musim 2007. Kimi pun memenangi balapan dengan pencapaian yang cukup manis.

Lewis Hamilton juara dunia di 2008
Tak kalah dramatisnya dari kemenangan Kimi Raikkonen di 2007, Lewis Hamilton malah sempat memberikan kebahagiaan bagi Felipe Massa yang finish jauh di urutan terdepan. Balapan yang berlangsung dalam kondisi trek basah membuat peluang Hamilton untuk menjadi juara dunia terbuka. Timo Glock yang tiba-tiba mengalami masalah traksi di lap terakhir, membuat Hamilton bisa menyusul dan mengamankan posisi finish di urutan kelima hingga akhirnya jadi juara dunia. Selisih poinnya dari Massa juga satu poin.

Jenson Button juara dunia di 2009
Tidak sedramatis musim-musim sebelumnya, tapi pertarungan para pembalap untuk meraih kemenangan juga berlangsung ketat. Button hanya mengamankan posisi finish di urutan ketiga dan menjadi juara dunia untuk pertama kalinya.

Sebastian Vettel juara dunia di 2012
Kemenangan Sebastian Vettel kali ini adalah titel juara dunia ketiganya. Meski di dua musim sebelumnya Ia cukup mudah meraih hasil terbaik, tapi di 2012 Ia mendapat persaingan besar dari Fernando Alonso. Tapi finish di urutan keenam di F1 Brasil pun sudah cukup membuatnya jadi juara dunia.

Akankah Rosberg mampu mengunci titel juara dunia di F1 Brasil tahun ini? kita tunggu saja hasilnya.


(UDA)