F1

Vietnam Resmi Jadi Tuan Rumah F1 GP 2020

Patrick Pinaria    •    07 November 2018 21:33 WIB
f1
Vietnam Resmi Jadi Tuan Rumah F1 GP 2020
Para pembalap melakoni balapan MotoGP Meksiko (Foto: AFP/Peter Fox)

Hanoi: Salah satu negara Asia Tenggara kembali menjadi tuan rumah dalam balapan bergengsi. Setelah Thailand masuk sebagai salah satu tuan rumah dalam seri balapan MotoGP, kini giliran Vietnam menjadi tuan rumah gelaran Formula 1.

Kepastian Vietnam menjadi tuan rumah dikonfirmasi langsung oleh pihak F1 pada Rabu 7 November. Mereka mengonfirmasi Vietnam akan tergabung dalam salah satu seri balapan pada F1 2020. 

Nantinya, balapan GP Vietnam akan berlangsung di sirkuit jalanan kota Hanoi. Seri perdana GP Vietnam pun akan digelar pada April.

Baca: AFF Futsal: Bungkam Vietnam, Thailand Jumpa Indonesia di Semifinal

"Kami senang mengumumkan Hanoi akan menjadi tuan rumah Grand Prix Formula 1. Sejak kami memasukkan mereka dalam perencanaan olahraga ini pada 2017, kami berbicara mengenai pengembangan-pengembangan kota-kota guna memperluas daya tarik F1. GP Vietnam pun merupakan realisasi dari ambisi itu," ujar CEO dan ketua F1, Chase Carey.

"Kami sangat senang berada di Hanoi. Salah satu kota paling menarik di dunia dengan kekayaan sejarahnya dan masa depan luar biasa di negara ini. Ini adalah formula sempurna untuk balapan GP dan saya berharap ini menjadi sorotan nyata dari kalendar F1," tambahnya.

Baca: Lolos, Ahsan/Hendra Tantang Unggulan Jepang di Babak 16 Besar 

Dengan terpilihnya Vietnam menjadi tuan rumah F1, kini negara Asia Tenggara sudah memiliki dua wakil di ajang balapan mobil paling bergengsi di dunia itu. Seperti diketahui, satu negara Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah F1 adalah GP Singapura.

Sementara itu, Vietnam menjadi negara keempat di benua Asia yang menjadi tuan rumah di F1. Ketiga negara lainnya adalah Singapura, Jepang, dan Tiongkok. (Crash)


Video: 19 Pemain Asing Siap Berlaga di IBL

 


(ACF)