Felipe Massa tak Benar-benar Pensiun dari Dunia Balap

Gregah Nurikhsani Estuning    •    20 November 2017 07:40 WIB
f1 abu dhabi
Felipe Massa tak Benar-benar Pensiun dari Dunia Balap
Felipe Massa. (Foto: AFP PHOTO / Nelson ALMEIDA)

Abu Dhabi: Felipe Massa akan segera akhiri karier balap Formula 1 di race terakhir musim ini di Abu Dhabi. Namun demikian, ia menuturkan masih ingin 'bersenang-senang' di dunia balap.

Pembalap asal Brasil itu sebenarnya sudah pernah memutuskan untuk pensiun tahun lalu bersama dengan Nico Rosberg, tapi kepindahan Valterri Bottas ke Mercedes membuat Massa kembali ke tim Williams.

Kini, keputusannya untuk pensiun kembali diutarakan. Ketidakjelasan nasibnya di Williams disebut-sebut sebagai alasan utama bahwa dirinya sudah mantap untuk benar-benar pensiun.
 

Baca: Daftar Lengkap Juara Tiongkok Open 2017


Kendati begitu, tampaknya Massa tidak akan berhenti membalap. Pria berusia 36 tahun itu mengaku masih akan berada di lintasan balap untuk bersenang-senang.

"Saya masih memiliki keinginan untuk tetap membalap. Tapi, untuk bersenang-senang di trek saja. Besar harapan saya bisa menemukan kategori balapan lain sama halnya bisa saya senangi seperti Formula 1," kata Massa seperti dilansir dari Crash.

"Banyak sekali kenangan hingga saat ini. Balapan di Brasil dan persiapan di Abu Dhabi membuat segalanya menjadi emosional," tambahnya dilansir BBC beberapa pekan lalu.

Sementara di tempat lain, deputy team principal Williams, Claire Williams sangat bersyukur bisa bekerja dengan Massa. Keputusan Massa untuk menunda pensiun pada musim lalu diakuinya sebagai loyalitas tak terukur.

"Kami sangat terhormat dengan apa yang telah Felipe berikan pada tim ini selama kurun waktu empat tahun belakangan. Kami bangga telah bekerja bersama Felipe," tutur Williams.

"Kami juga mengapresiasi keputusannya kembali balapan pada musim ini, yang kami tahu juga bahwa itu keputusan sulit baginya. Mewakili (pemilik dan team principal Williams) Sir Frank dan seluruh tim, kami mendoakan yang terbaik untuknya di masa depan," lanjutnya lagi.

Williams sudah memiliki calon pengganti Massa. Sedikitnya ada tiga calon, yakni Paul Di Resta, Pascal Wehrlein dan Daniil Kvyat yang diproyeksi bergabung dengan Williams musim depan.

Video: Petenis dari 16 Negara Ramaikan Tez Tennis Open 2017
 


(KAU)