Kualifikasi GP Italia

Diganggu Hujan, Hamilton Raih Pole Position

Patrick Pinaria    •    02 September 2017 23:52 WIB
f1 2017
Diganggu Hujan, Hamilton Raih Pole Position
Lewis Hamilton (Foto: AFP/Andrej Isakovic)

Metrotvnews.com, Monza: Sesi kualifikasi GP Italia sempat diganggu dengan cuaca hujan. Namun, gangguan tersebut tak menghalangi pembalap Mercedes Lewis Hamilton menjadi yang tercepat pada sesi tersebut.

Pada sesi kualifikasi yang digelar pada Sabtu 2 September malam hari WIB, Hamilton sukses meraih pole position dengan mencatatkan waktu 1 menit 35,554 detik. Ia sukses unggul 1,238 detik dari pembalap Red Bull Max Verstappen.

Hujan deras sudah mengguyur saat memasuki Q1. Akibatnya, laju pembalap pun terganggu karena kondisi lintasan licin. Termasuk Romain Grosjean yang menjadi korban dari lintasan itu. Ia harus tergelincir dan keluar dari sesi kualifikasi.

Baca: Patah Kaki, Rossi Diprediksi Absen Sebulan

Hingga akhirnya, panitia memutuskan untuk menunda sesi tersebut usai melihat peristiwa tersebut. Mereka meluncurkan safety car untuk memantau kondisi lintasan.

Sesi kualifikasi akhirnya dimulai kembali setelah dua jam setengah tertunda. Hamilton sukses mendominasi pada sesi Q1 hingga Q2.

Pada Q3, para pembalap kembali diganggu hujan. Namun, kali ini, mereka tetap memutuskan untuk melanjutkan balapan.

Baca: Lolos Putaran Ketiga, Nadal Perpanjang Napas di AS Terbuka

Hingga akhirnya, Hamilton sukses memastikan diri sebagai yang tercepat pada sesi kualifikasi ini. Ia mengalahkan duo Red Bull, Verstappen dan Daniel Ricciardo.

Sementara itu, rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas harus puas finis di peringkat keenam. Ia mencatatkan waktu 1 menit 37,833 detik.

Hasil tak memuaskan juga didapat duo Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen. Vettel finis di peringkat kedelapan, sedangkan Raikkonen di peringkat ketujuh.


Berikut hasil lengkap sesi kualifikasi GP Italia, Sabtu 2 September:



Video: Golden Moment SEA Games 2017

 


(PAT)