McLaren-Honda F1

McLaren Belum Tertarik Buat Mesin Sendiri

Krisna Octavianus    •    05 April 2017 10:29 WIB
f1 2017
McLaren Belum Tertarik Buat Mesin Sendiri
Mobil McLaren-Honda (Foto: WILLIAM WEST / AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Eksekutif McLaren, Zak Brown telah mengesampingkan ide timnya memproduksi mesin sendiri untuk Formula 1, di tengah kerja sama dengan Honda malah meninggalkan kesengsaraan.

McLaren kembali bekerja sama denga Honda sejak 2015 dan belum ada hasil memuaskan sampai saat ini. Pada 2015 mereka berada di urutan ke-9 di klasemen konstrukstor dan pada 2016 berada di urutan ke-6.

BACA: Tunggal Putra Sudah Harus Jalani Perang Saudara di Putaran Pertama

Namun, untuk 2017, unit mesin Honda dirombak dan malah meningatkan risiko yang sangat tinggi jika merujuk pada fase pra musim yang bermasalah. Ada peningkatan sedikit memang ketika GP pertama musim ini di Australia.

McLaren dikabarkan menghubungi Mercedes atas kesepakatan pasokan mesin potensial untuk musim 2018. Sementara pembicaraan itu berlangsung ada rumor yang menyebutkan mereka membangun unit daya sendiri, tetapi Brown kini telah dikesampingkan yang terakhir.

"McLaren Automotive adalah unit bisnis yang berbeda dengan pemegang saham biasa yang kami bekerja sangat erat," ujar Brown.

"Kami bukan pembangun mesin, kami adalah tim balap dan konstruktor mobil," lanjutnya.

McLaren menegaskan bahwa tetap mempertimbangkan kerja sama dengan Honda, di tengah pembicaraan kembali memakai mesin Mercedes. Akan tetapi, Brown menegaskan bahwa semua pembicaraan telah dipusatkan pada membuat hubungan kerja.

"Kami sangat terbuka dengan Honda. Saya pikir mereka sudah ada di olahraga ini cukup lama. Kami bekerja sama dengan mereka dan itu cara terbaik untuk menjadi kompetitif secepat mungkin, dan kemudian kembali ke tujuan akhir dari memenangi kejuaraan bersama-sama," sambung Brown.

BACA: Dibutuhkan! 6.000 Relawan untuk Asian Games di Palembang

"Semua dari percakapan kami dengan mereka telah tentang bagaimana kami keluar dari situasi yang kami hadapi, sehingga hubungan sangat sehat, kami punya kontrak jangka panjang," pungkas Brown. (GP Update)

 


(KRS)