F1 2018

F1 Diharapkan Terapkan Regulasi Dua Pit-stop di 2018

M. Rizky Adhestian    •    16 Februari 2018 03:28 WIB
F1 2018
F1 Diharapkan Terapkan Regulasi Dua Pit-stop di 2018
Foto: Goggle Image

Woking: Direktur sasis McLaren, Tim Goss, berharap Formula 1 menerapkan regulasi dua kali pit-stop sebagai keharusan untuk musim 2018. Hal tersebut terkait keputusan Pirelli yang memperkenalkan dua tambahan tipe bannya musim ini.

Pirelli telah memperluas jangkauan bannya hingga tujuh jenis untuk musim yang baru, dengan menambahkan jenis Superhard dan Hypersoft.

Tim-tim telah mendapat kesempatan mencicipi ban Hypersoft pada test akhir musim November lalu di Abu Dhabi. Jenis ban tersebut diharapkan dapat membantu untuk sirkuit yang memiliki tingkat grip rendah seperti Monaco.
 

Baca: Ricciardo: Red Bull Mampu Saingi Mercedes & Ferrari
 

Peningkatan pada intensitas grip dinilai dapat memperlambat catatan waktu putaran. Tim Goss yakin akan ada sebuah pergantian yang dibutuhkan di luar rutinitas biasa, di mana hanya satu kali berhenti (pit stop).

"Mereka (Pirelli) telah merilis pilihan ban untuk beberapa balapan awal, kami telah memeriksanya dan menurut kami akan ada peningkatan pada grip ban. Hal itu dapat mempengaruhi catatan waktu sekitar satu setengah hingga dua detik per putaran, dan akan ada kecenderungan untuk melakukan dua kali pit-stop dibanding sebelumnya," kata Goss.

"Kami masih berpikir mungkin akan jadi campuran antara satu kali pit-stop atau dua kali. Namun lebih cenderung dua kali (pit-stop), jadi lebih masuk akal menurut saya."
 

Baca juga: Indonesia Tanpa Emas dari Cabor Tinju


Untuk menguji lebih jauh kemampuan ban-ban yang disiapkan Pirelli, McLaren dan seluruh tim F1 akan kembali mengujinya di beberapa sesi tes pramusim sebelum digelarnya musim balap 2018.

"Kami masih harus mempelajari soal ban-ban ini. Kami telah mencobanya di Abu Dhabi, sebuah sirkuit yang kondisinya sangat panas. Kami masih harus mempelajarinya di sirkuit yang berbeda," tandas Goss. (CRASH)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Bak Lompat Jauh di SUGBK akan Direnovasi




(ACF)