FIA

Jean Todt Galau soal Pencalonan Dirinya sebagai Presiden FIA

Krisna Octavianus    •    09 Maret 2017 19:02 WIB
f1 2017
Jean Todt Galau soal Pencalonan Dirinya sebagai Presiden FIA
Jean Todt (Foto: AFP/FABRICE COFFRINI)

Metrotvnews.com, Barcelona: Jean Todt mengatakan bahwa ia belum memutuskan apakah ia akan mencalonkan diri lagi dalam pemilihan presiden FIA (Federation Internationale de l'Automobile) atau tidak tahun depan.  Masa bakti dirinya sebagai presiden FIA akan habis tahun depan.

Mantan kepala tim Ferrari tersebut mengambil alih kepemimpinan FIA dari Max Mosley pada 2010 dan kemudian mengamankan masa jabatan empat tahun yang kedua pada 2014-2017. Jika kembali maju, ia akan mencoba peruntungan menjadi presiden FIA untuk periode ketiga.

BACA: Massa Beberkan Alasan Mobil Williams Tampil Ciamik

"Saya mulai bekerja dengan tim saya untuk membuat keputusan maju atau tidak. Ini akan memungkinkan saya untuk mengumumkan pilihan yang sangat cepat," ujar pria berusia 71 tahun itu.

"Tentu saja, dengan organisasi yang demokratis saya akan memiliki pesaing yang bisa mengalahkan saya. Tapi yang jelas itu tujuan yang harus ditangani dalam olahraga balap mobil, siapa pun adalah pemimpin, untuk mencoba membuat biaya dalam balapan mobil bisa turun," lanjutnya.

Pria asal Prancis itu sering menjadi kontroversi karena ia dianggap tak sebaik pendahulunya, Mosley. Ia juga sering dikritik karena membuat keputusan berdasarkan konsensus anggota FIA.

BACA: Praveen Jordan/Debby Susanto Tersingkir dari All England 2017

Sebagai informasi, FIA adalah federasi untuk olahraga otomotif, terutama balapan mobil. Peran FIA paling menonjol adalah dalam hal peraturan di Formula 1 dan Wolrd Rally Championship.  (Sportsmole)

 


(KRS)