F1 Brasil

Pirelli Puji Cara Verstappen Maksimalkan Ban Basah

Ahmad Garuda    •    15 November 2016 13:00 WIB
f1 brasil
Pirelli Puji Cara Verstappen Maksimalkan Ban Basah
Pirelli puji cara Max Verstappen tampil kompetitif di F1 Brasil. XPB Images

Metrotvnews.com, Brasil: Mayoritas pembalap merasakan grip ban Pirelli tipe basah cukup buruk di Formual One (F1) Brasil yang berlangsung Minggu (13/11/2016). Hanya duo pembalap tim Mercedes GP yang merasa grip ban mobilnya sempurna. Tapi menurut Pirelli, yang paling istimewa justru Max Verstappen.

Produsen ban asal Perancis itu menilai, bahwa putra Jos Verstappen telah membuktikan performa terbaiknya diluar ekspektasi awal. Mereka bahkan tak bisa mngkalkulasi secara data matematis, lantaran dalam performa seperti itu, para pembalap kebanyakan mengalami selip atau hilang grip di bagian bannya.

"Pada dasarnya, seorang pembalap yang menggunakan ban yang lebih baru, pasti performanya akan lebih baik dari pembalap yang menggunakan ban yang sudah lama. Tapi jujur saja, kami tidak menyangka meski dihitung menggunakan basis matematika, karena kondisi dari lap ke lap mengalami perubahan," ujar juru bicara Pirelli dari GPUpdat.net yang tak disebutkan namanya.

Pirelli juga menegaskan bahwa beberapa pembalap memang memilih tampil dengan level kembangan ban yang tinggi, dan beberapa lainnya yang rendah. Tapi mereka memastikan tak ada ban basah yang berada dalam kondisi kritis usai balapan.

Saat melakukan pit stop yang kedua untuk mengganti ban dari intermediate ke ban basah di lap 50-an, Verstappen berada di posisi 14 dan mulai menyusul satu per satu pembalap yang ada di depannya. Momentum paling menegangkan adalah ketika Ia menyusul Sebastian Vettel dan membuat pembalap asal Jerman itu harus keluar dari trek. Beruntung keduanya tak bersenggolan dan mampu memasuki garis finish dengan baik.


(UDA)