"Vettel Dapat Banyak Pelajaran"

   •    28 Desember 2014 02:14 WIB
sebastian vettel
Vettel  Dapat Banyak Pelajaran
Sebastian Vettel (MARWAN NAAMANI / AFP)

Metrotvnews.com, Milton Keynes: Musim balapan 2014 jadi musim yang berat untuk Sebastian Vettel. Itu bisa dilihat dari prestasinya yang sangat merosot tajam. Meski begitu, Vettel merupakan sosok pebalap profesional. Dia diyakini bisa belajar banyak dari beragam kesalahan pada musim lalu.

"Saya pikir ini adalah tahun yang berat untuknya, sebuah tahun pembentukan karakter, dalam banyak hal. Dia sering tidak beruntung dan berbagai hal tidak berjalan sesuai keinginannya. Selain itu, dia tidak senang di dalam mobil dengan perubahan regulasi dari 2013 ke 2014," ujar Prinsipal tim Red Bull, Christian Horner.

Horner menambahkan, "Dia sangat bertalenta. Selain itu saya pikir ini pertama kalinya ia mendapatkan rekan setim yang memberikan perlawanan. Ini adalah dinamika berbeda yang harus dihadapi karena sebelumnya dia punya rekan setim yang membantu," tambahnya.

Hebatnya, Vettel tak merasa putus asa dan merugikan tim meski menjalani musim yang sulit. setidaknya itu yang dirasakan Horner. "Dia tidak melakukan hal-hal yang buruk meski sedang melewati masa sulit," ujarnya.

Usai meraih empat gelar juara dunia secara berturut-turut bersama Red Bull, Vettel tidak mampu berbuat banyak pada musim 2014. Pebalap berusia 27 tahun itu tidak mampu menyaingi duo pebalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg.

Vettel bahkan masih kalah jika dibandingkan dengan rekan setimnya di Red Bull, Daniel Ricciardo. Vettel tercatat hanya naik podium empat kali dan meraih 167 poin sepanjang musim. Dia menempati posisi kelima di klasemen akhir.

Untuk musim depan, Vettel telah menentukan pelabuhan baru. Dia memutuskan untuk meninggalkan Red Bull dan berlabuh ke Ferrari guna mengisi satu tempat yang ditinggalkan oleh Fernando Alonso. (Autosport/Sigit Ario Nugroho)


(HIL)