F1GP Austria

Klasemen Para Pembalap Usai F1GP Austria

Kautsar Halim    •    02 Juli 2018 02:26 WIB
F1 2018
Klasemen Para Pembalap Usai F1GP Austria
Selebrasi kesuksesan Max Verstappen, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen. (AFP PHOTO / Vladimir Simicek)

Spielberg: Drama terjadi di ajang F1GP Austria yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu 1 Juli malam WIB. Dua pembalap Mercedes yang terbukti kuat saat sesi latihan bebas dan kualifikasi malah gagal finis ketika balapan.

Valtteri Bottas yang punya modal pole position harus menghentikan perjuangannya pada putaran ke-14. Itu terjadi karena mobilnya dikabarkan mengalami masalah hydrolic.

Sementara itu, Lewis Hamilton yang start dari urutan dua tidak bisa melanjutkan lomba ketika memasuki putaran ke-63. Kabarnya itu terjadi karena tekanan bahan bakar mobilnya rusak.

Klik: Marc Marquez Makin Nyaman di Puncak Klasemen

Dengan adanya tren negatif itu, kedua pembalap Mercedes serta pabrikannya gagal meraih satu pun poin. Hasil ini cukup menarik karena menguntungkan bagi pembalap lain, khususnya dari tim Ferrari dan Red Bull.

Sebastian Vettel yang finis ketiga bisa menyalip poin Hamilton di puncak klasemen sementara. Namun, ia hanya berselisih 1 poin saja dengan pembalas asal Inggris tersebut.   

Klik: Dramatis, Marquez Rebut Podium Utama GP Belanda

Sebelumnya, Vettel tidak pernah lagi duduk di singgasana klasemen semenjak finis keempat pada GP Monaco. Hamilton dengan mobil Mercedesnya selalu berada di puncak sekalipun finis di urutan lima saat melakoni GP Kanada.

Sementara itu, Verstappen bisa dikatakan menjadi pembalap yang paling diuntungkan dengan kegagalan Hamilton. Sebab, ia baru tiga kali naik podium utama dalam sepanjang karier dan Red Bull belum pernah menang di Austria yang merupakan markasnya sendiri. 

Berikut klasemen para pembalap seusai F1GP Austria:




(KAU)