Pesan Haru Ricciardo Usai 'Cerai' dari Red Bull

M. Rizky Adhestian    •    05 Agustus 2018 12:35 WIB
F1 2018
Pesan Haru Ricciardo Usai Cerai dari Red Bull
Daniel Ricciardo (Foto: AFP PHOTO / ANDREJ ISAKOVIC)

Milton Keynes: Daniel Ricciardo mengaku sedih usai memutuskan untuk mengakhiri kariernya bersama Red Bull Racing mulai akhir musim Formula 1 2018. Namun, ia merasa waktunya sudah tepat untuk melakukan hal tersebut.

Ricciardo sudah menjadi pembalap tim Red Bull sejak 2008 dan telah memenangkan gelar Formula Renault 2.0 serta F3 British. Tim dari perusahaan minuman tersebut membawa Ricciardo ke F1 pada 2010 sebagai driver percobaan.

Ia menjalani debutnya bersama Toro Rosso, yang merupakan tim anakan dari Red Bull. Sejak dipromosikan ke tim utama pada 2014, pembalap asal Australia itu sudah mencatatkan tujuh kemenangan balapan dan dua kali menjadi juara ketiga.

Pada penghunjung kontraknya di tahun ini, Ricciardo sempat digadang-gadang akan memperpanjang masa baktinya bersama Red Bull. Namun, pembalap berusia 29 tahun tersebut malah membuat keputusan mengejutkan dengan bergabung bersama tim pabrikan Renault.
 
"Berita yang beredar, itu benar. Sejauh ini jadi keputusan tersulit yang saya buat selama karier balap saya. Tapi, 29 tahun hidup di bumi ini, itu malah jadi keputusan tersulit dalam hidup saya," kata Ricciardo lewat sebuah cuplikan di akun Twitter resminya.

"Tentunya sedih. Tidak sabar dengan tantangan di Renault, namun sudah sepuluh tahun bersama Red Bull. Saya dulu di program junior pada 2008, banyak memori di sana yang selalu saya sukuri dan tidak lupakan."

"Secara pribadi saya rasa saatnya tepat untuk move on dan memulai hal baru di tempat lain. Saya hanya ingin berterima kasih pada Red Bull Racing, perusahaan, untuk semuanya," lanjut dia.

Musim ini Ricciardo berada di urutan kelima klasemen pembalap dengan jarak 95 poin dari pemuncaknya, Lewis Hamilton. Sebelumnya, rekan satu tim Max Verstappen itu memenangi balapan di GP Tiongkok dan GP Monaco.