Tes Ban 2017

Rosberg Mulai Uji Coba Ban Pirelli 2017 di Catalunya

Ahmad Garuda    •    13 Oktober 2016 09:25 WIB
tes formula1
Rosberg Mulai Uji Coba Ban Pirelli 2017 di Catalunya
Nico Rosberg mulai melakukan tes prototipe ban F1 2017 di Catalunya. Pirelli

Metrotvnews.com, Catalunya: Musim kompetisi balap Formula 1 tahun ini masih menyisakan 4 putaran lagi. Namun Nico Rosberg mendapat kehormatan untuk mulai melakukan uji coba prototipe ban Pirelli 2017.

Sesi tes kali ini berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol pada Rabu (12/10/2016). Namun Ia tak menggunakan mobil dengan spesifikasi yang Ia gunakan di F1 tahun ini, melainkan mobil yang Ia gunakan di musim kompetisi 2015 yaitu Mercedes-W05. Alasannya cukup jelas, agar Ia tidak mengambil keuntungan besar dari spesifikasi mobil yang terlalu dekat dengan spek mobil tahun depan.

Secara total, pembalap asal Jerman itu melahap 60 lap dengan kombinasi kondisi cuaca kering dan hujan. Tujuan utamanya adalah melakukan pengetesan ban tipe slick dan hanya bisa melakukan 46 lap dengan ban tersebut. Selebihnya Ia harus menggunakan tipe ban basah karena pada sore harinya, hujan mulai turun.

Gambar atas adalah prototipe ban 2017 yang diuji coba Rosberg, bawah adalah ban reguler 2016.

Baik Pirelli atau pun Rosberg, tak mengumbar spesifikasi ban yang ada. Namun secara tampilan, ban yang Ia gunakan memiliki dimensi tapak yang lebih lebar. Mungkin saja demikian adanya, karena tidak ada kelir khusus seperti ban reguler tahun ini, sehingga terlihat lebih lebar.

Sesi tes ini berlangsung secara tertutup, sehingga Rosberg, Mercedes GP dan Pirelli, takkan memberikan keterangan resmi khusus untuk sesi pengetesan ini. Termasuk pencapaian lap tercepat yang diraih hingga perbedaan karakter dengan ban yang ada tahun ini.

Sesi tes tersebut masih akan berlanjut Kamis (13/10/2016). Sementara Jumat (14/10/2016), giliran tim Red Bull Racing bakal melakukan sesi pengetesan khusus juga bersama Pirelli selama tiga hari di Sirkuit Yas Marinas, Abu Dhabi.


(UDA)