London Kembali Jadi Tuan Rumah Formula E

Kautsar Halim    •    05 Maret 2019 17:21 WIB
F1 2019
London Kembali Jadi Tuan Rumah Formula E
Kamui Kobayashi di ajang Formula E Hong Kong. (AFP PHOTO / ISAAC LAWRENCE)

London: Kejuaraan dunia jet darat listrik, Formula E, bakal kembali melintas di London pada 2020. Sebelumnya, ibu kota Inggris itu sempat absen menjadi tuan rumah selama empat tahun.

London terpaksa absen karena banyak penduduk lokal yang protes ketika jalanan Battersea Park dijadikan sirkuit balapan E-Prix 2016. Kini, tidak ada lagi protes karena panitia penyelenggara punya area baru.

Lintasan barunya berada di jalan raya sekitar Pelabuhan London dengan lokasi start/finis di ExCeL Centre. Sirkuit tersebut memiliki panjang 2.4km dan dilengkapi 23 tikungan.


Klik: Hamilton Sebut F1GP 2019 Bakal Lebih Sengit


Balapan Formula E seri London bakal berlangsung pada 25 dan 26 Juli 2020 mendatang. Adanya event ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Alejandro Agag selaku pendiri kejuaraan.

"Semua penggemar olahraga bermotor pasti bahagia jika London menjadi tuan rumah. Kami pun bersyukur menemukan area balapan baru di Pelabuhan Kerajaan yang berada di ExCeL London," kata Agag. 

"Event ini punya pesan moral untuk mengurangi polusi udara dan memperkenalkan mobil listrik berteknologi tinggi  ramah lingkungan," tambahnya.

Kejuaraan dunia jet darat listrik terselenggara pertamakali di Olympic Park, Beijing pada 2014 silam. Saat itu, eventnya sudah melibatkan 9 pabrikan, 11 tim dan 22 pembalap. (sportsmole) 




(ACF)