F1 GP Inggris

Tampil Gemilang, Lewis Hamilton Juara GP Inggris

Krisna Octavianus    •    16 Juli 2017 20:47 WIB
f1 2017
Tampil Gemilang, Lewis Hamilton Juara GP Inggris
Mobil Lewis Hamilton ketika menyentuh garis finis (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Silverstone: Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton secara gemilang berhasil menjuarai GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu 16 Juli malam WIB. Kemenangan ini sekaligus memangkas jarak menjadi satu poin dengan Sebastian Vettel di klasemen pembalap.

Hamilton yang memulai balapan dari grid pertama langsung melesat untuk memimpin balapan sejak lap pertama. Posisinya tak tergoyahkan meski ditempel ketat oleh Kimi Raikkonen (Ferarri) dan Max Verstappen (Red Bull Racing). 

BACA: Timnas Bola Voli Putri Indonesia jadi Runner Up di Vietnam

Pertarungan seru justru ditampilkan oleh Verstappen dan Vettel pada awal lap ketika memperebutkan posisi tiga. Vettel sempat mengambil alih pada pertengahan balapan, tetapi Verstappen berhasil mempertahankan posisinya.

Sementara itu, Valterri Bottas (Mercedes) mulai masuk jajaran depan ketika menyentuh lap ke-35. Para pembalap juga sudah bergantian masuk pit stop.

Pada akhir lap, nasib nahas menimpa dua Ferrari, Vettel dan Raikkonen. Diawali oleh Raikkonen yang ban depan kirinya bermasalah pada lap ke-49 yang memaksa ia masuk pit lagi. Posisi sempat berubah dengan Vettel menyodok ke posisi ketiga.

Namun, nasib lebih nahas malah menimpa Vettel. Ban depan kirinya meledak yang memaksa ia masuk pit pada lap terakhir atau lap ke-51. Ia yang awalnya berada di posisi ketiga malah melorot ke posisi ketujuh saat finis.

Pemenang balapan kali ini adalah pahlawan tuan rumah, Lewis Hamilton yang sejak awal lap tampil gemilang. Ia dibuntuti oleh rekan setimnya, Bottas dan jagoan Ferrari, Raikkonen.

Kemenangan ini membuat Hamilton memangkas jarak dengan Vettel di tabel klasemen pembalap F1 dengan satu poin. Hamilton mengoleksi 176 poin, sementara Vettel punya 177 poin.

BACA: Garbine Muguruza Sukses Raih Gelar Wimbledon Pertamanya

Ini sekaligus kemenangan kelimanya di GP Inggris. Ia mengikuti jejak Alain Prost dan Jim Clark. Selain itu, ini adalah gelar keempat beruntun dirinya di hadapan pendukungnya sendiri.



 


(KRS)