Kaleidoskop MotoGP

Marquez Berjaya, Rossi Apes & RIP Nicky Hayden

Alfa Mandalika    •    29 Desember 2017 07:03 WIB
kaleidoskop 2017
Marquez Berjaya, Rossi Apes & RIP Nicky Hayden
Marc Marquez merayakan keberhasilan menjuarai MotoGP 2017. (Foto: AFP)

Jakarta: Marc Marquez belum terbendung. Pembalap asal Spanyol itu menyabet titel juara MotoGP 2017. 

Ya, Marquez memang tampil sensasional. Total, dia naik podium pertama sebanyak enam kali. Memang, pencapaian itu sama dengan yang diraih pembalap Ducati Andrea Dovizioso. Akan tetapi, Marquez lebih rajin naik podium sepanjang musim balap tahun ini.

Marquez sempat terseok-seok di awal musim. Dua seri awal, Marquez gagal naik podium. Tetapi, pada seri ketiga di Amerika Serikat, Marquez menunjukkan kelasnya. Dia menjadi yang tercepat dan mengungguli Valentino Rossi. Lalu, Marquez naik podium pertama dua seri beruntun di Jerman dan Republik Ceko.

Pembalap berjuluk The Baby Alien itu menyabet dua kali podium pertama secara beruntun di San Marino dan Aragon. Lalu, dia berhasil juara di Australia. 

Pada balapan pamungkas di Valencia, Marquez finis di posisi ketiga dan sudah cukup untuk mengamankan gelar juara MotoGP keempatnya.

Nicky Hayden Wafat
Awan duka menyelimuti dunia MotoGP. Ya, mantan juara dunia MotoGP Nicky Hayden meninggal dunia. Dia wafat setelah mengalami kecelakaan saat bersepeda di Rimni Rabu 17 Mei.

Hayden sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Maurizio Bufalini, Cesena, Italia. Sayang, setelah lima hari terbaring dirawat di ruang ICU,  nyawa pembalap asal Amerika Serikat itu tak tertolong. Hayden disebut mengalami kerusakan parah pada otaknya. Selain itu, Hayden juga bermasalah pada bagian dadanya.

Pria berjuluk The Kentucky Kid itu tercatat berkarier selama 12 tahun di MotoGP. Dia sempat menjuarai MotoGP pada 2006.

Baca: PBSI Rilis Daftar Atlet Pelatnas 2018


Valentino Rossi Patah Kaki
Kecelakaan hebat dialami oleh Valentino Rossi. Namun dia mengalami kecelakaan bukan saat berlaga di MotoGP.

Ya, Rossi mengalami kecelakaan saat mengendarai motor enduro off-road di timur Italia. Alhasil, Rossi harus menjalani operasi.

"Setelah mengalami kecelakaan latihan enduro pada Kamis 31 Agustus, bintang MotoGP dari Movistar Yamaha didiagnosis patah tulang tibia dan fibula pada kaki kanannya," demikian pernyataan resmi dari tim Yamaha.

Setelah naik meja operasi, Rossi hanya membutuhkan waktu kurang lebih tiga pekan lama untuk kembali ke tunggangannya. 

Baca: Yamaha tak Merindukan Lorenzo


Sirkuit Sepang Torehkan Prestasi
Sirkuit Sepang Malaysia mendapatkan penghargaan sebagai Grand Prix MotoGP 2017 terbaik.  Hal itu hasil keputusan dari Komisi Grand Prix yang terdiri dari Dorna, FIM, MSMA, dan IRTA.

Sirkuit Sepang dianggap punya fasilitas oke. Sejumlah fasilitas pembalap dan para penonton juga sangat mendukung. Pada Oktober, Sirkuit Sepang memecahkan rekor penonton terbanyak yakni mencapai 166.533 ribu penonton. Angka tersebut melampui pencapaian tahun lalu yakni 161.533 penonton. Sirkuit Sepang diketahui masih memiliki kontrak dengan MotoGP sampai 2021.

Video: Test Event 9 Cabor Asian Games akan Digelar Februari 2018


(ASM)