MotoGP 2017

Blunder Masuk Pit, Folger Enggan Salahkan Tim

Patrick Pinaria    •    08 Agustus 2017 17:31 WIB
motogp 2017
Blunder Masuk Pit, Folger Enggan Salahkan Tim
Jonas Folger (Foto: AFP/Michal Cizek)

Metrotvnews.com, Brno: Nasib tak mengenakkan dialami pembalap Tech 3 Yamaha Jonas Folger pada balapan MotoGP Republik Ceko, Minggu 6 Agustus. Pembalap asal Jerman tersebut melakukan kesalahan saat masuk pit.

Kesalahan tersebut terjadi pada putaran ketiga. Saat itu, Folger memutuskan masuk ke pit sekaligus mengikuti Marc Marquez untuk mengganti ban slick. 

Alih-alih mendapatkan ban slick, Folger justru diinstruksi timnya untuk kembali melanjutkan balapan dengan ban keras. Sebab, pihak timnya ternyata belum mempersiapkan ban slick saat Folger memasuki pit.

Baca: Presiden Jokowi Menanti Lagu Indonesia Raya Berkumandang di SEA Games 2017

Meski sudah tertinggal jauh, Folger tetap memberikan penampilan maksimal. Hingga akhirnya, ia mampu finis di peringkat kesepuluh pada balapan tersebut.

Folger mengaku kecewa mengalami kejadian tersebut. Namun, ia enggan menyalahkan tim mekaniknya yang gagal mempersiapkan ban slick.

"Saya melihat trek kering dengan cepat. Jadi saya memutuskan di sektor terakhir untuk memasuki pit lane pada lap kedua atau lap ketiga, mengikuti Marc Marquez. Saya melihat trek kering, saya melihat tidak memiliki kecepatan sama persis dengan pembalap teratas dengan menggunakan ban anti hujan. Jadi saya berkata pada diri sendiri, saya harus masuk sekarang dan perlu mengambil risiko ini," ujar Folger.

Baca: Satu Gelar di New Zealand Open Sesuai dengan Target PBSI

"Saya membuat blunder, tim juga. Mereka melakukan kesalahan pertama pada tahun ini. Kami semua manusia, jadi saya tidak bisa menyalahkan mereka. Mereka sangat kecewa dan sangat menyesal," tambahnya.

"Pada saat yang sama, saya merasa sangat kasihan pada mereka. Sebab, kami tahu bisa melakukan balapan yang hebat hari ini. Tetapi, kami harus menerima hasil ini," tutur Folger. (Crash)


Video: Stan Wawrinka Absen di Kejuaraan AS Terbuka

 


(ASM)