Pembalap MotoGP

Aspar Racing Rekrut Abraham untuk MotoGP 2017

Ahmad Garuda    •    18 Oktober 2016 13:09 WIB
pembalap motogp
Aspar Racing Rekrut Abraham untuk MotoGP 2017
Jorge Martinez (pemilik tim Aspar Racing) sepakat merekrut Karel Abraham untuk MotoGP 2017. Aspar Racing

Metrotvnews.com, Australia: Karel Abraham bisa dibilang jadi pembalap di kelas MotoGP karena punya banyak duit. Ia menjalani karir balapnya mayoritas karena membawa tim sendiri. Tapi di MotoGP 2017 mendatang, Ia takkan bernaung di tim sendiri lagi, melainkan bernaung di tim Aspar Racing.

Tentunya ini jadi cukup menyenangkan baginya lantaran tak harus lagi memikirkan kepala mekanik yang bakal Ia rekrut, tim spesialis dan lain sebagainya. Melainkan bisa konsentrasi di karir balapnya.

"Kami sangat senang dengan bergabungnya Karel Abraham ke tim ini untuk musim depan. Ia adalah pembalap baru bagi kami, meski demikian pengalamannya sudah sangat banyak. Ia sudah balapan di beberapa ajang balap, termasuk di MotoGP menggunakan Ducati. Kami bakal berupaya memberikan kru terbaik baginya untuk bisa tampil kompetitif," bangga owner Aspar Racing, Jorge Martinez melalui keterangan resminya.

Dari sisi teknis, kemampuan analisa pembalap asal Republik Ceko ini juga cukup tinggi. Lantaran Ia kadang dipusingkan oleh beberapa hal tentang kepemilikan tim balapnya, makanya Ia jarang bisa fokus ke hasil balapnya.

"Sebuah kebanggaan tersendiri bisa jadi bagian dari tim Aspar Racing, Tim ini punya kinerja yang sangat profesional, begitu juga dengan Ducati. Saya berharap kerja sama ini bisa sukses," sambut Abraham.

Perjalanan karir Abraham di ajang balap MotoGP, memang tidak secemerlang pembalap papan tengah lainnya. Tapi Ia pernah menjuarai Moto2 Valencia 2010 dan pencapaian terbaiknya di kelas MotoGP hanya finish di posisi ke-7 sebanyak dua kali bersama Ducati. Saat beralih menggunakan motor di kategori Claiming Rule Team (CRT), Ia tak begitu kompetitif. Demikian pula halnya saat menggunakan Honda sebagai tim privat di 2014 dan 2015.

Abraham akhirnya memutuskan pindah ke balap World Superbike Championship (WSBK) di 2016 menggunakan motor BMW bersama tim Milwaukee. Sayang, Ia juga tak begitu kompetitif di ajang balap ini, sehingga didaulat kembali ke MotoGP karena pengalamannya menggunakan Ducati dinilai cukup bagus.


(UDA)