MotoGP Indonesia

Melihat Lebih Detail Denah Baru Sirkuit Jakabaring

Ahmad Garuda    •    01 November 2016 11:24 WIB
motogp indonesia
Melihat Lebih Detail Denah Baru Sirkuit Jakabaring
Layout terbaru Sirkuit Jakabaring yang bakal dibangun di Sumatera Selatan. Alex Noerdin FB

Metrotvnews.com, Sepang: Rencana pembangunan Sirkuit Internasional Jakabaring di kompleks Jakabaring Sports, Palembang, dijadwalkan mulai 2017. Ada perbedaan yang krusial dari desain awal yang sempat diumbar.

Desain sebelumnya, sirkuit ini menampilkan 10 tikungan ke kanan dan 4 tikungan ke kiri. Sementara untuk layout yang terbaru dibawa oleh Alex Noerdin menamplkan jumlah tikungan yang sama yaitu 14 tapi perbedaan layout. Kini tikungan ke kiri bertambah yaitu jadi 9 tikungan, sementara tikunngan ke kanan sekarang berjumlah 5.

Dilihat dari alur sirkuit, desain pertama menawarkan alur searah jarum jam, Sementara untuk desain yang kedua menawarkan alur arah sebaliknya. Sehingga tikungan ke kanan lebih sedikit jumlahnya dibanding tikungan ke arah kiri.

Layout sirkuit yang paling pertama, sebelum berubah. (SkyScrapper)

Hal yang menarik lainnya adalah karena terdapat 12 tribun, 1 main grandstand, kemudian 5 split tribune yang membelakangi danau. Lokasi penempatan tribun-tribun ini (selain main grandstand) juga cukup bagus. Lantaran semuanya punya jarak pandang terbaik untuk menonton jalannya balapan. Tak heran jika kapasitas totalnya mencapai 130 penonton.

Tersedia sarana lain sebagai bagian unik dari Sirkuit Jakabaring, yaitu alokasi sirkuit untuk go-kart atau mini circuit, akan ditempatkan dekat akses masuk ke paddock. Tidak ada konfigurasi lain yang bisa digunakan, karena memang konfigurasinya dibuat kompak. Jadi tidak ada versi pendek sirkuit ini nantinya, misalnya untuk digunakan ajang balap motor bebek.


(UDA)