MotoGP 2018

Kandidat Juara MotoGP akan Muncul setelah Lima Balapan

A. Firdaus    •    09 Februari 2018 19:49 WIB
MotoGP 2018
Kandidat Juara MotoGP akan Muncul setelah Lima Balapan
MotoGP (Foto: AFP)

Roma: Pembalap Suzuki Andrea Iannone meyakini, setidaknya butuh empat atau lima balapan untuk mengetahui kandidat juara MotoGP 2018. Rider asal Italia itu juga berharap kompetisi akan kembali kompetitif seperti tahun lalu.

Seperti diketahui, balapan 2017 tepatnya memasuki paruh musim, Marc Marquez yang memimpin klasemen pembalap, hanya terpaut 10 angka dari posisi keempat. Dengan gambaran itu, bisa dikatakan musim lalu tergolong paling ketat.

Bahkan bisa dianggap sebagai selisih terkecil, jika menilik delapan seri kelas premier sebelumnya, atau sejak sistem poin diperkenalkan pada 1993. Sebelumnya, margin terkecil terjadi pada 1998, ketika itu empat pembalap teratas terpaut 29 poin.

Klik di sini: Lewat Overtime, Boston Celtic Sukses Bungkam Wizard

Kini harapan itu ada di benak Iannone. Apalagi jika melihat hasil tes pramusim yang berlangsung di Sirkuit Sepang, akhir Januari lalu.

"Saya pikir setelah empat atau lima balapan, akan mungkin untuk melihat level yang sangat baik. Bagian pertama musim ini selalu berbeda, seperti tahun lalu, dalam tes banyak pembalap membalap dengan cepat, tapi setelah empat atau lima balapan Anda baru bisa melihat kenyataannya," ujar Iannone.

Musim lalu terlihat di mana tiga pemenang berbeda dalam empat balapan pembuka, dan lima pemenang setelah delapan seri. Tapi Marc Marquez dan Andrea Dovizioso kemudian berbagi kemenangan dalam sembilan balapan berikutnya, dan menentukannya pada seri terakhir di Valencia.

Klik di sini: Tekuk Jepang 3-0, Indonesia Lolos ke Semifinal

Merunut dengan apa yang terjadi di pramusim, pembalap berjuluk Maniac Joe itu menggarisbawahi, kalau kecepatan selalu jauh lebih penting daripada posisi pada start.

"Saya yakin, tapi yang pasti ini juga merupakan tahun yang paling kompetitif dalam kompetisi. Banyak pembalap membalap dengan sangat cepat dan motor. Tim pabrikan dan satelit semuanya sangat dekat," terangnya.

8 Cabor Gelar Test Event Asian Games 2018



(ACF)