MotoGP Austria 2017

Ketika Berduel dengan Dovizioso, Marquez tak Pikirkan Gelar Juara Dunia

A. Firdaus    •    14 Agustus 2017 08:44 WIB
motogp 2017
Ketika Berduel dengan Dovizioso, Marquez tak Pikirkan Gelar Juara Dunia
Potret duel antara Andrea Dovizioso dengan Marc Marquez (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Spielberg: Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez harus mengakui keunggulan Andrea Dovizioso pada balapan MotoGP Austria, Minggu malam WIB. Lewat duel yang sengit, Marquez juga harus puas finis di posisi kedua.

Kedua pembalap memang telah terlibat aksi salip menyalip sejak awal lomba. Puncaknya terjadi ketika memasuki lap terakhir di tikungan 10, di mana Marquez sempat menyalip Dovizioso.

Namun kondisi tersebut tak bertahan lama, sebab Dovi yang berada di jalur yang tepat langsung balik memimpin hingga menjadi pembalap pertama yang melihat bendera finis.

Klik di sini: Chong Wei Fokus Atasi Kelemahannya

Menanggapi pertarungan sengitnya bersama pembalap Ducati tersebut, Marquez mengaku akan susah tidur karena gagal mengalahkan Dovizioso. Ia juga menganggap saat duel tersebut, seakan melupakan tentang gelar juara dunia dan siap mengambil segala risiko dari duel tersebut.

"Pada lap terakhir saya memikirkan segalanya, hanya gelar juara yang saya lupakan. Saya hanya memikirkan tentang balapan tersebut bagaimana bisa mencapai finis lebih dulu. Sebab saya tahu kalau kemenangan sangat penting," ujar Marquez.

Klik di sini: Usain Bolt Alami Cedera di Pengujung Karier

Meski demikian, ada kemajuan yang dialami Honda ketimbang balapan di tempat yang sama pada tahun lalu. Paling tidak, mereka mampu menjadi pesaing terdekat Ducati yang memang hebat ketika bertarung di Sirkuit Red Bull Ring.

"Tahun lalu kami banyak berjuang di sini. Tahun ini kami lebih dekat dengan pembalap Ducati, tapi hari ini Dovi terutama di lap terakhir lebih baik. Saya kalah dimana-mana, hanya di dua tikungan ke kiri saya bisa lebih cepat dari dia, mungkin karena dia memilih pilihan ban lembut," terangnya.
 
"Kemudian pada akhirnya saya sampai tikungan terakhir, saya mencobanya. Sebab kalau tidak bisa menyalipnya, saya tidak bisa tidur nyenyak. Saya mencoba dan hasilnya seperti ini. Berisiko memang, tapi pada akhirnya saya tetap bahagia karena 20 poin ini juga penting," tegasnya.

Dengan tambahan 20 poin, Marquez tetap kokoh di puncak klasemen. Rider berjuluk Baby Alien kini unggul 16 angka dari peringkat kedua yang kini diduduki Dovizioso. Menggusur Maverick Vinales yang hanya mampu finis di posisi keenam.

Dovizioso Juara MotoGP Austria
 


(FIR)