Jelang MotoGP Jerman 2017

Dovizioso: Ducati yang Sekarang Siap Bertarung Dimanapun!

Achmad Firdaus    •    29 Juni 2017 22:46 WIB
motogp 2017
Dovizioso: Ducati yang Sekarang Siap Bertarung Dimanapun!
Andrea Dovizioso saat memenangi GP Mugello, Italia (Foto: AFP PHOTO / Vincenzo PINTO)

Metrotvnews.com, Sachsenring: Ducati terus menunjukkan performa yang impresif di musim ini. Andrea Dovizioso pun berani mengklaim bahwa Desmosedici GP17 yang kini jadi tunggangannya siap bertarung di sirkuit manapun.

Ducati menunjukkan wajah berbeda di MotoGP 2017. Jika dalam beberapa musim terakhir, tim yang bermarkas di Bologna, Italia itu hanya mampu bersaing di sirkuit-sirkuit tertentu, kali ini mereka mampu konsisten tampil kompetitif. Setidaknya hingga delapan seri yang sudah berjalan musim ini.

Di luar performa Jorge Lorenzo yang nampak masih kesulitan beradaptasi dengan tunggangan barunya, Dovi justru mampu mengeluarkan kemampuan terbaik pada motornya.

Hal itu dibuktikan dengan kesuksesannya memenangi dua seri balapan -Jumlah yang sama dengan kemenangan Ducati di musim lalu-. Di luar seri Argentina (terjatuh), pembalap asal Italia itu selalu mampu meraih poin.
 

Baca: Lorenzo Berharap Aspal Baru Sachsenring Bawa Keberuntungan


Teranyar, Dovi finis di posisi lima pada GP Assen, Belanda, akhir pekan lalu. Hasil ini pun membawa Dovi untuk sementara menyodok ke puncak klasemen pembalap dengan koleksi 115 poin. Ia unggul empat angka dari pembalap Yamaha, Maverick Vinales di posisi dua.

Berkaca dari delapan seri yang sudah berjalan musim ini, Dovi percaya diri menatap seri kesembilan di Sirkuit Sachsenring, Jerman, akhir pekan ini. Ia optimistis bisa kembali bertarung di baris depan, dengan kondisi apapun.

"Fakta yang terjadi pada tiga balapan terakhir (dua kali menang dan sekali finis di posisi lima) telah menunjukkan bahwa kami mampu tampil kompetitif di tiga kondisi (balapan) berbeda," ujar Dovi.
 

Baca juga: Jadwal Lengkap MotoGP Jerman Akhir Pekan Ini


"Sachsenring memiliki trek yang berbeda. Normalnya, sirkuit ini tidak terlalu cocok dengan motor kami. Selain itu, aspalnya juga baru. Tapi, Anda bisa melihatnya dengan positif, karena setiap waktu apapun bisa terjadi," lanjutnya.

"Jadi, saya cukup rileks dan fokus untuk mencari settingan yang tepat untuk motor. Saya juga sempat cemas (apakah bisa tampil kompetitif) di Assen. Jadi, sekarang saya tidak cemas lagi," tandasnya.

Seperti yang dikatakan Dovi, Sirkuit Sachsenring memang kurang bersahabat dengan Ducati. Sejak diperkenalkannya kategori MotoGP dengan mesin 4-tak pada 2002, Ducati baru sekali menang di Sachsenring, yakni lewat Casey Stoner pada 2008. Adapun, Honda jadi pabrikan dengan kemenangan terbanyak di Sachsenring (11), diikuti Yamaha yang meraih tiga kemenangan.

Video: ?Timnas U-16 Kembali Berlatih Usai Libur Lebaran



(ACF)